Kenapa gue bikin ini?

Banyak banget sumber informasi atau alat yang bisa digunakan untuk menghitung berapa nilai kebutuhan dana pendidikan. Banyak juga sumber informasi atau alat yang bisa digunakan untuk menghitung proyeksi nilai investasi di masa depan. Tapi gue belum nemu alat yang mengkombinasikan keduanya, dana pendidikan dan proyeksi investasi.

Kebutuhan perhitungan gue ga cuma untuk kebutuhan dana kuliah (yang biasanya punya biaya paling besar) tapi juga TK, SD, SMP, SMA. Ya mungkin kalau SD, SMP, SMA di negeri sudah digratiskan biayanya di beberapa daerah. Tapi kalau terpaksa di swasta karena tidak lolos, bagaimana?

Berapa tahun waktu yang dimiliki untuk sampai ke masing-masing tingkat pendidikan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing tingkat pendidikan di masa depan (future value), berapa jumlah uang yang harus disisihkan, kalau pertumbuhan sekian % bagaimana, dst.

Beberapa kombinasi parameter inilah yang akhirnya gue buat dalam sebuah alat hitung kebutuhan dana pendidikan mulai dari TK hingga kuliah.

Cara menggunakan

  • Isi semua parameter dengan huruf berwarna jingga sesuai dengan kondisi. Mulai dari tabungan per bulan, peningkatan tabungan berapa persen per tahun, return per tahun, besar pajak, dst.
  • Peningkatan tabungan ini bisa diasumsikan peningkatan pemasukan per tahun. Tiap tahun gaji nambah, tabungan juga nambah dong, ya ngga?
  • Return per tahun ini bisa > 10% untuk asumsi agresif banget (instrumen saham? reksadana saham?), 10% untuk asumsi agresif (reksadana pendapatan tetap?), 7% untuk asumsi moderat (reksadana pasar uang?), 5% untuk asumsi konservatif (deposito?), < 5% untuk asumsi konservatif banget (tabungan).
  • Umur Anak bisa dikosongkan. Diisi untuk menghitung tingkat tertentu saja. Misalnya ingin mengetahui biaya kuliah saja, berarti yang diisi hanya umur anak saat kuliah saja.
  • Uang Pangkal dan Uang SPP per Tahun diisi sesuai data tahun perhitungan dilakukan.
  • Future Value merupakan asumsi kenaikan biaya UP dan SPP per tahun. Berdasarkan riset sih, biasanya di angka 10%. Atau sesuaikan dengan nilai rata rata inflasi per tahunnya saja.

Cara 1

Download file xlsx agar bisa melakukan perhitungan di lain waktu secara offline.

Cara 2

Langsung hitung di Google Spreadsheet agar bisa langsung hitung.

Disclaimer : Ilustrasi yang diberikan di file ini tidak menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Ilustrasi ini hanya dipergunakan untuk membantu proyeksi sebuah tabungan/investasi dalam periode tertentu dengan peningkatan nilai tertentu. Perhitungan sudah dibuat sedemikian rupa untuk mengakomodasi berbagai skenario. Jika ada masukan, silakan kontak saya melalui surat elektronik alias email.