Kehilangan Kartu ATM

Saya merupakan salah seorang nasabah Bank CIMB Niaga sejak tahun 2008. Saat itu CIMB Niaga masih belum terbentuk, dulunya masih terpisah antara Lippo Bank dan Bank Niaga. Saya sendiri pada awalnya merupakan nasabah Lippo Bank. Nah, pada Hari Selasa malam lalu (10/01) saya kehilangan kartu ATM saya.

Saya masih ingat betul kapan terakhir kali saya menggunakan kartu ATM tersebut. Tapi naasnya saya baru sadar kartu ATM saya hilang pada hari Kamis (12/01).

Rekening Ponsel CIMB Niaga » Ada yang baru nih dari CIMB Niaga. Apa tuh?

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat kehilangan ATM yakni,

  1. Hindari kepanikan. Stay calm, stay cool, stay classy!
  2. Segera hubungi customer service CIMB Niaga di 14041 untuk menonaktifkan kartu ATM tersebut sehingga tidak bisa diakses lagi pada transaksi apapun.
  3. Kemudian buatlah surat keterangan kehilangan di kantor polisi terdekat. Kebetulan waktu saat itu saya tidak dikenakan biaya oleh petugas Gedung Biru Universitas Indonesia. Mungkin beliau sadar saya masih mahasiswa.
  4. Setelah itu bawa buku tabungan CIMB Niaga, kartu identitas, dan surat keterangan kehilangan itu ke teller CIMB Niaga. Nanti akan dibuatkan lagi kartu ATM yang baru.

Ternyata ada dua jenis kartu ATM yang ditawarkan oleh CIMB Niaga,

  1. Kartu Biasa » tanpa diberi bubuhan nama pemilik, langsung bisa dipakai
  2. Kartu Emboss » diberi bubuhan nama pemilik, tapi pembuatannya dibutuhkan waktu satu minggu

Dikarenakan penggunaan kartu ATM saya yang kurang intensif, akhirnya saya mengajukan permintaan kartu ATM emboss. Seminggu kemudian saya datang kembali ke bank CIMB Niaga cabang UI. Dan jeng.. jeng.. begini loh hasil kartu ATM dengan nama saya.

Oke. Selamat membuat kartu ATM Anda yang hilang #eh. Semoga tidak pernah mengalami hal yang lebih buruk daripada saya ya. Apalagi hingga kehilangan saldo gara-gara sudah terlambat diblokir.

6 replies on “Kehilangan Kartu ATM”

    1. Dulu saya pakai surat, coba ditanya lewat cabang atau call center 14041, dokumen apa saja yang dibutuhkan. Mungkin ada perubahan aturan.

      Suka

    1. Iya, biasanya dikenakan administrasi pembuatan kartu debit. Tapi tidak memungkinan ada nasabah tertentu atau produk tertentu yang tidak dikenakan biaya.

      Suka

    2. Saya mau mlaporkn bahwa kartu atm niaga hilang pd jm 20.08 tnggl 4 april 2016.saya hubngi call center 14041 tpi g bisa nymbung.mohon bntuanya.

      Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: