Bedanya SI dan Ilkom

Banyak yang bertanya kepada saya tentang perbedaan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Kemudian ada juga yang bertanya bedanya Teknik Informatika dan Ilmu Komputer. Bahkan ada juga yang bertanya bedanya Teknik Komputer dan Ilmu Komputer. Masih banyak juga yang bertanya kepada saya apa perbedaan keempat nama studi itu. Oke akan segera saya jelaskan.

Saya akan jabarkan dulu berdasarkan wawasan yang saya dapat dari sosialisasi sewaktu awal masuk kuliah dan perbincangan saya dengan senior. Agar lebih mudah memahami, akan saya bagi menjadi poin-poin. Berikut poin-poin tersebut.

  • Yang kita perbincangkan di sini adalah perbedaan antara Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi.
  • Ilmu Komputer dan Teknik Informatika itu INTINYA sama. Hanya berbeda istilah. (kalau tidak salah ingat) Istilah Ilmu Komputer berasal dari Amerika, sedangkan istilah Teknik Informatika berasal dari Eropa.
  • Ilmu Komputer / Teknik Informatika mempelajari hal-hal yang komputer banget, terutama bidang SOFTWARE / perangkat lunak
  • Teknik Komputer mempelajari hal-hal yang komputer banget juga, namun lebih fokus dalam bidang HARDWARE / perangkat keras
  • Sistem Informasi merupakan studi INTERDICIPLINARY. Ia mempelajari dasar-dasar bidang IT dan dasar-dasar bidang bisnis
  • Jika Ilmu Komputer dan Teknik Komputer sudah jelas prospeknya jadi apa, maka Sistem Informasi mengantarkan lulusannya untuk menjadi seorang system analyst yang berfokus kepada sistem, bukan hanya mengatur
  • Selain itu, seorang lulusan Sistem Informasi juga diharapkan dapat menjadi PERANTARA komunikasi orang kompeten IT dan orang kompeten bisnis. Jadi seorang lulusan Sistem Informasi harus dapat menjelaskan presentasi berbobot IT (beserta istilah-istilahnya) di depan orang-orang bisnis. Demikian pula sebaliknya.

Jika Anda masih belum puas dengan pendapat pribadi saya, maka kali ini akan saya cantumkan sumber yang terpercaya. Yakni dari situs resmi fakultas saya sendiri, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Monggo dikunjungi situs resminya [kunjungi] atau iniย untuk tahu kurikulum keduanya seperti apa sih. ๐Ÿ™‚

Screen Shot 2017-04-20 at 06.42.49

Semoga mendapat pencerahan. ๐Ÿ˜€ Hayo, bidang apa yang akan Anda pilih? Terutama yang pengen masuk dan msih bingung milih keempat ketiga studi tersebut. ๐Ÿ˜‰ Semoga berhasil yah.

28 Replies to “Bedanya SI dan Ilkom”

  1. Kak mau tanya.. SI itu susah enggak sih kak? Atau menyenangkan? Kita juga di ajarin buat program dan aplikasi juga gak? Oh iya.. kakak kuliah dimana? SI UI? kalo iya bagi informasinya dong kak.. tertarik buat masuk kesana. Trima kasih

    Suka

    1. Susah atau enggak, menyenangkan atau enggak, itu tergantung minat masing-masing orang. Bagi saya sih cukup menantang dan menyenangkan. Kalau susah ya kamu punya banyak teman dan dosen yang siap membantu kamu paham materi pembelajaran.

      Iya saya kuliah di SI UI. Waktu itu, kurikulum saya juga memberikan materi berupa pembuatan program dan aplikasi dari bahasa C dan Java. Bahasa pemrograman yang digunakan sebenarnya hanya sebagai awal pembelajaran dan dibutuhkan pembelajaran mandiri bila ingin menjadi ekspert di bahasa pemrograman tersebut.

      Bisa jadi saat kamu masuk, sudah memakai bahasa pemrograman yang lain. Sebab menurut saya bahasa pemrograman C cocok digunakan sebagai pengenalan awal tentang pemrograman berbasis prosedur dan Java sebagai pengenalan awal tentang pemrograman berbasis objek.

      Semoga berhasil ya!

      Suka

  2. Kak, saya udh kelas 12, sebentar lagi mau snmptn. Nah saya itu masih bingung di mata kuliahnya. Ilkom sama SI beda ga kak matkulnya? Oh iya kak, biasanya kalo ospek itu ada 3 ya? Kegiatannya apa aja? Makasih kak

    Suka

    1. Ilkom lebih teknikal sedang SI selain teknikal juga menyertakan aspek manajemen, bisnis, serta sosial.

      Kalo ospek ada 3? 3 Apa tuh maksudnya? Kegiatannya ya gitu deh, manfaatin momen ospek untuk kenalan sama senior, dosen, temen seangkatan. Network, network, network. Lo bakal tahu nanti manfaat network yang lo miliki nantinya. Percaya ama gue.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s