Kategori
Miscellaneous

Bedanya SI dan Ilkom

Banyak yang bertanya kepada saya tentang perbedaan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Kemudian ada juga yang bertanya bedanya Teknik Informatika dan Ilmu Komputer. Bahkan ada juga yang bertanya bedanya Teknik Komputer dan Ilmu Komputer. Masih banyak juga yang bertanya kepada saya apa perbedaan keempat nama studi itu. Oke akan segera saya jelaskan.

Banyak yang bertanya kepada saya tentang perbedaan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Kemudian ada juga yang bertanya bedanya Teknik Informatika dan Ilmu Komputer. Bahkan ada juga yang bertanya bedanya Teknik Komputer dan Ilmu Komputer. Masih banyak juga yang bertanya kepada saya apa perbedaan keempat nama studi itu. Oke akan segera saya jelaskan.

Saya akan jabarkan dulu berdasarkan wawasan yang saya dapat dari sosialisasi sewaktu awal masuk kuliah dan perbincangan saya dengan senior. Agar lebih mudah memahami, akan saya bagi menjadi poin-poin. Berikut poin-poin tersebut.

  • Yang kita perbincangkan di sini adalah perbedaan antara Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi.
  • Ilmu Komputer dan Teknik Informatika itu INTINYA sama. Hanya berbeda istilah. (kalau tidak salah ingat) Istilah Ilmu Komputer berasal dari Amerika, sedangkan istilah Teknik Informatika berasal dari Eropa.
  • Ilmu Komputer / Teknik Informatika mempelajari hal-hal yang komputer banget, terutama bidang SOFTWARE / perangkat lunak
  • Teknik Komputer mempelajari hal-hal yang komputer banget juga, namun lebih fokus dalam bidang HARDWARE / perangkat keras
  • Sistem Informasi merupakan studi INTERDICIPLINARY. Ia mempelajari dasar-dasar bidang IT dan dasar-dasar bidang bisnis
  • Jika Ilmu Komputer dan Teknik Komputer sudah jelas prospeknya jadi apa, maka Sistem Informasi mengantarkan lulusannya untuk menjadi seorang system analyst yang berfokus kepada sistem, bukan hanya mengatur
  • Selain itu, seorang lulusan Sistem Informasi juga diharapkan dapat menjadi PERANTARA komunikasi orang kompeten IT dan orang kompeten bisnis. Jadi seorang lulusan Sistem Informasi harus dapat menjelaskan presentasi berbobot IT (beserta istilah-istilahnya) di depan orang-orang bisnis. Demikian pula sebaliknya.

Jika Anda masih belum puas dengan pendapat pribadi saya, maka kali ini akan saya cantumkan sumber yang terpercaya. Yakni dari situs resmi fakultas saya sendiri, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Monggo dikunjungi situs resminya [kunjungi] atau ini untuk tahu kurikulum keduanya seperti apa sih. 🙂

Screen Shot 2017-04-20 at 06.42.49

Semoga mendapat pencerahan. 😀 Hayo, bidang apa yang akan Anda pilih? Terutama yang pengen masuk dan msih bingung milih keempat ketiga studi tersebut. 😉 Semoga berhasil yah.

28 replies on “Bedanya SI dan Ilkom”

mas kalo sistem informasi cukup mendalam gak tentang pemograman gak atau lebih condong ke menejemen bisnisnya? lalu prospek kerja lebih luas SI atau TI/Ilkom?

Suka

Sistem Informasi lebih condong ke manajemen, bisnis, dan sosial. Prospek kerja lebih luas mana ya? Sama kali ya kayaknya.

Menurut gue mah kerjaan gak ditentukan dari lo kuliah apa kok. Banyak juga temen gue yang kuliahnya apa, kerjaannya apa. Haha.

Pilih jurusan yang lo suka aja kurikulumnya. Kerjaan itu masalah nanti setelah lo lulus. Gak usah repot mikir kerjaan, mikir tugas kuliah aja udah susah. Serius deh. Haha.

Good luck yah!

Suka

Pengetahuan penting untuk OP warnet yakni tentang jaringan. Keduanya dapet ilmu jaringan kok. Jadi bagus dua-duanya.

Nah selain warnet, dengan ilmu itu kamu juga bisa mengembangan jaringan yang lebih besar dan modern seperti menggunakan jaringan WiMax atau LTE. Dasar pengetahuan ini bisa kamu dapatkan di kedua jurusan tersebut.

Ya semoga warnetnya go internasional ya! 🙂

Suka

thanks yha mz bwt sgala informasi x.. q msih sma , trus minat ke S.I. cuma masih bingung setelah lulus kerjanya jadi apa….???

Suka

Biasanya sih lulusan SI dibutuhkan sebagai seorang analis sistem. Dia mengumpulkan keterangan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh pihak business, kemudian keterangan tersebut diterjemahkan menjadi bahasa teknis yang dapat dimengerti oleh pihak IT. Nantinya sistem akan dibuatkan. Jadi SI ya semacam penjembatan pihak bisnis dan pihak IT. Begitu 🙂

Suka

kk, kan ad juga tuh jurusan menejemen informatika , sama2 komputer jg kan, kalo yg itu tuh gimana ka?

Suka

Manajemen informatika? Wew. palagi itu. Haha. Sepertinya sama dengan Sistem Informasi deh.
Coba tanya kurikulumnya. Kalau aja manajemen sumber daya manusia, sistem akuntansi keuangan, manajemen sistem informasi, dan lain sebagainya yang menyerempet ke hal-hal yang ekonomi atau manajemen, sepertinya sama dengan Sistem Informasi. 🙂 Coba kamu tanyain dulu ya

Suka

mas, kalau jurusan teknik komputer kan ke hardwere yah menjurus_y, yg saya mau tanya kalau didunia kerja itu seperti apa kerjanya?

Suka

Di dunia kerja ya? Hm.. Saya kurang tahu dek. Mungkin saja nanti di dunia kerja kamu bisa jadi praktisi bahan terbaik yang dapat digunakan dalam sebuah personal computer atau perangkat lainnya. Kan sekarang gadget semakin kecil tuh, itu didukung dengan adanya transistor kalo ga salah. Nah kamu bisa mempunyai sumbangsih ke situ dengan menciptakan sebuah alat sehingga gadget dapat menjadi lebih efisien dan nyaman saat digunakan 🙂 Mungkin seperti itu.

Oia, kamu juga cari referensi ke senior yang pernah kuliah di situ ya. Soalnya saya jurusan Sistem Informasi 🙂 Semoga berhasil

Suka

Om. kalo pegen jadi, web master,programer, tau mendalam soft ware n hard ware. masuk jurusan mana?? bales aja di mail aku.

Suka

wah, saya masih muda. ga enak kalo dipanggil om :-p hehe
em, untuk jadi webmaster, programmer, dan tahu mendalam tentang software mending kamu masuk Ilmu Komputer atau Teknik Informatika
Seperti yang telah saya jelaskan di artikel, kedua istilah itu sama aja, namun beda bahasa aja

Kalo hardware menurut saya, bisa dipelajari otodidak kalo misal kamu perlu tahu common problem dari hardware

Kalo mau dua2nya? Ya monggo, tapi menurut saya dipisah-pisah agar kamu bisa spesialis di situ. begono 😉 got it?

Suka

mas kalo sistem komputer itu sendiri gimana??…
apa bedanya dengan yang di atas??…
cz aku ambil jurusan itu…

Suka

yups. sama sama.
jika ada yang nanya, monggo disebarkan sebuah ‘pencerahan’ ini, hehe 😀
Btw makasih uda dikasih backlink ke blognya Daniel.
Sudah dipasang juga kok backlinknya ke blognya Daniel di blognya AMYunus. 🙂

Suka