Basmi Bajakan (#BasmiBajakan)

Basmi Bajakan (#BasmiBajakan) merupakan tema yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai alternatif jalan untuk mengapresiasi karya denan tidak membajak.

Sudah berapa banyak kaset film berupa VCD atau DVD yang kamu beli dari warung pinggir jalan ?
Sudah berapa banyak film / lagu / album yang kamu unduh dari internet ?
Sudah berapa banyak aplikasi berbayar yang ada di komputer personal atauΒ gadget kamu ?

Pembajakan dapat diartikan sebagai perbuatan merampas hak orang lain. Perbuatan-perbuatan yang disebutkan di atas juga bisa jadi dikategorikan sebagai pembajakan apabila hasil karya berupa audio, video, atau aplikasi tersebut didapatkan dari pihak tak resmi. Biasanya barang bajakan bisa didapatkan dengan harga miring atau bahkan gratis. Di lingkungan saya, perbuatan-perbuatan tersebut sudah dianggap lazim, bahkan ada topik yang diangkat di sebuah forum untuk saling bertukar ( tepatnya saling menyalin ) barang bajakan.

Permasalahan

Pembajakan ini merugikan pemilik dan pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatan hingga pendistribusian hasil karya. Keuntungan besar dari penjualan hasil karya tidak bisa didapatkan jika masyarakat lebih memilih untuk membajak daripada membeli hasil karya asli. Padahal keuntungan tersebut merupakan hak pemilik dan pihak-pihak yang terlibat, akan tetapi malah diambil oleh masyarakat yang membeli barang bajakan.

Kondisi demikian membuat para penyedia hasil karya untuk membuat model bisnis yang lain. Dalam industri musik misalnya, keuntungan dari penjualan album bukan lagi menjadi andalan. Saat ini mereka mengandalkan penjualan merchandise, tiket konser, dan Ring Back Tone. Model bisnis itulah yang membuat bisnis musik masih dapat bertahan di tengah pembajakan hasil karya yang merajalela.

Di sisi lain, masyarakat diuntungkan karena mereka tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki hasil karya yang mereka inginkan. Selain itu, juga tercipta bisnis baru yakni bisnis barang bajakan. Banyak ditemukan penjual CD MP3 bajakan yang memuat ratusan lagu dari berbagai musisi dan berbagai album. Ada juga penjual aplikasi bajakan yang membungkus paket-paket aplikasinya dalam sebuah CD, lengkap beserta cara mengaktifkan aplikasinya dengan cara cracking.

Usulan Solusi

Masyarakat agaknya sudah menganggap pembajakan hasil karya merupakan hal yang biasa terjadi. Penegakan hukum tentang Hak Kekayaan Intelektual pun kurang tegas. Para pelaku pembajakan pun tidak akan merasa jera jika tidak ada dorongan moral menghargai pemilik hasil karya. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah gerakan yang menyadarkan masyarakat bahwa pembajakan merupakan hal yang memalukan dan banyak alternatif yang bisa dilakukan daripada membajak.

Gerakan untuk membasmi pembajakan pun sudah ada, Heal Our Music salah satunya. Silahkan follow akun twitternya dan ikuti tips-tips serta berita tentang dunia pembajakan musik. Alternatif yang bisa dilakukan daripada membajak sudah saya tulis lengkap di tulisan saya sebelumnya. Alternatif pembajakan musik misalnya, kamu bisa mendengarkan radio. Lagu-lagu yang diputar pun biasanya lagu yang paling anyar, ditambah guyonan penyiar radio yang mengocok perut.

MelOn Indonesia
MelOn Indonesia

MelOn Indonesia

Minggu lalu saya mencoba layanan MelOn Indonesia sebagai salah satu alternatif baru untuk menghindari pembajakan musik. Ia memberikan layanan jual beli musik digital yang legal dan murah. Jika biasanya kita harus membeli CD atau kaset untuk memiliki lagu tersebut, hal itu tidak akan kita jumpai lagi. Dengan layanan tersebut, kita bisa membeli lagu yang kita sukai dari sebuah album dengan jumlah satuan, bukan paket album. Tentunya ketakutan kita untuk tidak menyukai lagu lainnya dalam satu album tersebut hilang sudah. Setiap lagunya diberi harga 1500 rupiah saja ( atau seharga tiga buah gorengan ? ). πŸ˜€

Tipe Layanan

Berikut saya akan berikan penjelasan dari setiap tipe langganan yang diberikan. Keterangan lengkap beserta harga yang dipatok untuk setiap tipe layanan dapat dilihat di halaman info produk. Secara garis besar, tipe layanan dibagi menjadi empat jenis antara lain Unlimited Download,Β MP3 Download, A La Carte, dan Unlimited Streaming.

  • Unlimited Download
    Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengunduh lagu sebanyak apapun yang kamu mau. Berkas lagu yang diunduh nantinya bertipe DRM. Apa itu DRM ? Singkatan dari Digital Rights Management, memungkinkan berkas untuk tidak bisa disalin dengan sembarangan. Jika ingin memainkan berkas tersebut, sang pemilik haruslah memiliki lisensi terlebih dahulu. Lisensi tersebut memiliki batas waktu kadaluarsa yang harus diperpanjang sesuai dengan layanan yang digunakan.
  • MP3 Download
    Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengunduh lagu dengan format MP3. Berbeda dengan format DRM, berkas ini dapat dimiliki tanpa ada validasi lisensi. Berkas ini dapat dimiliki seumur hidup.
  • A La Carte
    Hampir mirip dengan layanan MP3 Download. Hanya saja MP3 Download merupakan pembelian paket, sedangkan A La Carte merupakan pembelian lagu satuan.
  • Unlimited Streaming
    Layanan ini memungkinkan kamu untuk melakukan streaming lagu dengan jumlah lagu sebanyak apapun yang diinginkan.

Promo gratis

Ketika saya mendaftar minggu lalu, saya langsung diberikan promo gratis tipe layanan Unlimited Sreaming + Download selama 2 minggu. Jadi coba daftar sekarang saja, semoga promo gratis masih berlaku. Segera kunjungi halaman pendaftaran, kemudian isi data kamu berupa email, password, dan nomor handphone. Sebenarnya mengisi nomor handphone merupakan pilihan, namun jika tidak diisi, promo gratis hanya diberikan selama seminggu saja. Setelah klik `CHECK` di sebelah kanan kolom nomor handphone, akan muncul popup window sebagai berikut

Popup Window Pendaftaran Melon
Popup Window Pendaftaran Melon

Silahkan mengirimkan REG ( spasi ) MELON ke 9012 untuk mendaftarkan nomor handphone. Setelah itu kamu akan menerima sms yang isinya kode verifikasi. Ketik kode verifikasi di kolom tersebut, kemudian klik `OK`. Setelah itu cek akun email yang sudah kamu daftarkan untuk membuka email konfirmasi. Kemudian klik tautan konfirmasi dalam email tersebut dan SELAMAT! Kamu telah terdaftar menjadi anggota MelOn Indonesia dengan promo gratis berupa layanan tipe Unlimited Download + Streaming selama dua minggu.

Melon Player
Melon Player

Setelah itu unduh MelOn Player agar dapat melakukan streaming atau memainkan lagu-lagu dengan format DRM. Selain itu kamu juga bisa memainkan lagu-lagu dengan format DRM dengan mobile device yang kamu miliki. Fitur-fitur yang dapat dinikmati yakni dapat melakukan streaming berbagai lagu terbaru dari berbagai genre. Tak hanya berkas audio, ada juga berkas video. Kita juga bisa membuat playlist yang berisi lagu-lagu favorit kita.

Lagu yang pertama kali saya unduh yakni Karena Aku T’lah Denganmu yang dibawakan oleh Ari Lasso dengan Ariel Tatum. Kemudian saya mainkan di Nokia 5800 XPressMusic saya. Dapat dilihat dari lisensi bahwa lagu tersebut dapat dimainkan sejak 15 Oktober 2011 hingga 4 November 2011.

Batas waktu pemutaran lagu
Batas waktu pemutaran lagu

Jika kamu ingin berhenti berlangganan, kirim UNREG ke 9012. Jika membutuhkan pendampingan, silahkan beritahu melalui facebook page atau akun twitter. Segera like dan follow ya, karena selalu ada kuis berhadiah setiap harinya. Akhir kata, selamat menikmati musik legal dengan murah meriah di MelOn Indonesia! πŸ™‚

Disclosure: Tulisan ini dibuat dalam rangka untuk menggalakkan gerakan #basmibajakan sekaligus mengikuti lomba menulis artikel tentang musik oleh sarikata.com yang bekerja sama dengan MelOn.co.id.

10 Replies to “Basmi Bajakan (#BasmiBajakan)”

  1. Kalo gue yang Alhamdulillah udah *putih* itu app & musik. Gue pake buat nyari duit soalnya, masa pake hasil nyurangin orang πŸ˜€

    Yang belum bisa gue putihin: film. Di satu sisi ngedapetin film legal masih susah, kedua karena yang original bener2 masih out of range. Semoga segera naik derajat finansialnya biar bisa beli yang ori lah πŸ˜€

    Anyhow, tentang melon, gue salut dengan effortnya untuk nge-deliver musik legal dengan cara yang mudah dijangkau. Tapi mereka perlu usaha lebih kuat. Kemaren gue nyoba mau register beli mp3 via potong pulsa aja gagal melulu. Jatohnya jadi males, nyari CD aja deh. Furthermore, both of their UX and UI is still suck. I hate bad design XD

    Gue pribadi sangat berharap semoga iTunes music store masuk Indonesia. Gue ngga pernah masalahin masalah nasionalitas dalam produk yang gue pake. Apple is awesome in making awesome stuff that is easy to use. Gue pikir ngga fair milih produk berdasarkan preferensi “buatan dalem negeri”. Hell no. Produk dalem negeri harus bersaing supaya kualitasnya pantes untuk dipilih customer.

    Well, that’s my two cent πŸ˜€

    Suka

    1. Oh, ini toh yang dibicarain tadi pagi. Haha.
      Hm, untungnya gue ga begitu penggemar berat nonton film.
      Jadi ga addicted. πŸ˜›

      Iya Fik. The UX and UI should get to be better. Setuju banget.
      Masa’ mereka pake image untuk nampilin tulisan. Beuh.
      Gue juga ga ngerti itu pake bahasa pemrograman apa. Pake ekstensi .do gitu.

      Hm, our country is trying, Fik. Mungkin belum sekarang aja
      Let us contribute to build products that could compete with foreign products

      Suka

      1. Iya, ini tea yang dibicarain tadi pagi :)) gue ngga addicted sih, cuman pengen aja :))

        Kalo bahasa pemrogramannya gue g bisa komentar, tapi front endnya amit2 dah LOL

        Yap. Berproses melalui iterasi berkali2 sih. It takes time for sure.

        Suka

  2. Melon.? Baru denger, bener juga sih, di Laptop gw semuanya donlotan gratis :). Tapi Aplikasi gw berani jamin, semuanya Asli, hehehe. Wong Linux kok πŸ˜€

    Suka

    1. Wow, Linux user here! Salute πŸ˜€ Yap. Nevermind. Pelan-pelan aja
      Awalnya aplikasi dulu, semoga ketergantungan terhadap hal ilegal bisa dikurangi kemudian dihilangkan πŸ™‚
      Good luck ya!

      Suka

      1. Yup masbro, dengan lasan itu, gw pindah dari wondows ke Linux, kalau Wondows, kaayanya gw akan ngebajak terus. hehe. I’ll Try it πŸ™‚

        Suka

  3. ini uraiannya kayak TA aja ada permasalahan sama uraian solusi huahaha eniwei nice post mas yunc πŸ˜€

    ~eh gue juga suka denger lagunya Ari Lasso yang itu πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s