Perihal Wikipedia

Mayoritas akademisi yang saya kenal menolak Wikipedia sebagai referensi tulisan akademis. Tulisan akademis yang dimaksud yakni tugas sekolah/kuliah, esai ilmiah, jurnal, prosiding, dan lain sebagainya. Kenapa Wikipedia tidak layak dijadikan sumber referensi tulisan akademis?

Diterjemahkan ke Wikipedia as References of Academic Reports

Wikipedia sebagai referensi tulisan akademis
Wikipedia

Berikut pendapat pribadi saya mengenai beberapa faktor tidak layaknya Wikipedia sebagai referensi tulisan akademis, yakni sebagai berikut,

  1. Anonimitas penulis artikel
  2. Inkonsistensi konten artikel

Anonimitas

Apa itu anonim? Singkatnya anonim itu tidak memiliki identitas yang jelas. Kemungkinan penulis artikel Wikipedia yang bersifat anonim ini cukup besar. Seperti yang terlihat di screenshot di bawah ini, nama penulis yang melakukan revisi hanya berupa username atau bahkan hanya IP saja. Jika kita klik lebih lanjut pada username tersebut, tidak semua memiliki profil yang jelas dan diamini keabsahan informasi yang diberikan. Bahkan ada beberapa username yang tidak tersedia keterangan detailnya, hal itu dapat kita lihat dari username yang berwarna merah. Hal inilah yang membuat keabsahan informasi di Wikipedia diragukan.

Tampilan riwayat revisi artikel Wikipedia
Tampilan riwayat revisi artikel Wikipedia

Inkonsistensi

Perbedaan paling mencolok antara Wikipedia dengan sumber terpercaya lainnya seperti koran, majalah, jurnal, prosiding, dst yakni konsistensi. Begitu konten dipublikasikan, konten tidak akan bisa berubah kecuali diralat di terbitan/edisi lainnya.

Tidak demikian halnya dengan Wikipedia, ia bisa mengalami modifikasi terus menerus setelah ia dipublikasikan ke publik. Modifikasi dapat berupa penambahan informasi, pengubahan konten, atau bahkan penghapusan konten. Dan modifikasi tersebut dilakukan pada halaman yang sama. Jadi bisa saja sebuah artikel Wikipedia berisi `abcde` pada waktu tertentu, kemudian pada waktu lainnya konten dapat berubah menjadi `abcfgh`.

Kenapa tiba-tiba membahas Wikipedia sebagai Referensi Tulisan Akademis?

Post ini sebenarnya ditulis karena saya sempat berbincang dengan seseorang yang pro bahwa terhadap kelayakan Wikipedia sebagai referensi tulisan akademis. Alasannya Wikipedia merupakan artikel yang ditulis oleh berjuta orang dengan topik yang beragam. Saya sempat bertanya mengenai inkonsistensi Wikipedia, lalu dia menjawab bahwa setiap hal pasti memiliki kekurangan dan Wikipedia tidak selalu baik untuk dijadikan sebagai referensi.

Dari diskusi tersebut, saya berusaha mengingat-ingat alasan mengenai ketidaklayakan Wikipedia sebagai referensi tulisan akademis dari dosen saya dulu dan jadilah tulisan ini. Post ini ditulis dengan tujuan untuk mendorong diskusi konstruktif mengenai kelayakan Wikipedia sebagai referensi tulisan akademis. Saya yakin sekali pasti ada pihak yang pro. Nah jika saya bisa memahami perspektif pihak yang kontra, saya ingin mengetahui perspektif pihak yang pro.

Anda termasuk pihak pro atau kontra? Jika kontra, saya penasaran dengan perspektif Anda. Jika pro, mungkin ada alasan lainnya yang saya belum sebutkan? Yuk diskusi konstruktif di kolom komentar!

Bacaan lainnya:

Sampai saat ini kamu masih sering merujuk Wikipedia sebagai referensi kah? Kenapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s