Perihal Aplikasi Andalan

Saat memasang Windows 8 di notebook, saya langsung mengunduh beberapa aplikasi tambahan kemudian memasangnya. Pekan lalu saya memasang Windows XP SP3 di komputer rumah, yang saya sebut sebagai `muallaf` karena sistem operasinya berlisensi resmi. Pun setelah itu saya langsung mengunduh beberapa aplikasi tambahan yang sekiranya diperlukan oleh keluarga kemudian memasangnya. Pada saat itu saya baru sadar sepertinya saya memiliki aplikasi andalan yang selalu saya pasang untuk memenuhi beberapa keperluan dasar dalam kegiatan berkomputer.

Komputer
Komputer [gambar diambil dari wikipedia]

Mozilla Firefox

 
Mozilla FirefoxAplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna internet, peramban (browser). Ada juga alternatif peramban lain seperti Google Chrome, Apple Safari, Opera. Loh kan sudah ada Internet Explorer? Hmm.. Gimana ya.. Eh kamu doyan salad buah gak? Enak loh.

Setelah memasang peramban ini biasanya ada beberapa plugin tambahan yang wajib dimiliki agar kegiatan berselancar internet bisa semakin lancar. Saya pribadi sering merasa kurang jika Adobe Flash Player belum dipasang, jika belum dipasang, maka kemungkinan besar tidak bisa menikmati video Youtube.

Aplikasi peramban ini wajib dimiliki saat pertama kali komputer dihidupkan agar kegiatan unduh-mengunduh aplikasi andalan lainnya tidak terganggu. Hihihi.

Avira Free Antivirus

Aplikasi selanjutnya yang hampir wajib dipasang oleh setiap pengguna komputer, antivirus. Kenapa saya bilang hampir wajib? Karena ada juga beberapa orang (biasanya geek) lebih memilih untuk tidak memasang antivirus dengan alasan aplikasi tersebut akan membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat. Selain itu ia menggangap dirinya bisa mencegah malware aktif di komputernya. Itu pilihan bagi setiap orang tapi saya rekomendasikan untuk memasang antivirus.

Avira Antivirus

Beberapa alternatif antivirus yang bisa didapatkan secara gratis selain Avira yakni AVG dan Avast!. Dengan harga yang gratis, fitur dan proteksi yang diberikan pun masih terbatas. Wah kalau SMADAV gimana? Saya bukan pengguna aplikasi itu dan saya pikir cukup hanya menjadi korban yang pasrah terhadap keribetan antivirus tersebut. Bagaimana tidak, setiap kali saya menancapkan flashdisk saya di percetakan yang menggunakan antivirus tersebut, setelahnya notebook saya yang menggunakan Avira Antivirus malah mendeteksi ada virus di flashdisk tersebut.

Qustodio

Qustodio
Sebuah aplikasi parental control yang membuat orang tua bisa mengendalikan konsumsi anaknya terhadap komputer. Saya baru pertama kali mencoba, tapi jika dilihat dari review dan fitur yang ditawarkan, aplikasi ini cukup powerful. Loh emang kamu sudah punya anak? Gak ngabar-ngabarin? Errr.. belum sih, tapi berhubung orang tua saya merupakan digital immigrant, maka saya coba gunakan aplikasi ini untuk menghindarkan adik saya yang beranjak remaja dari konsumsi komputer dan internet yang kurang baik atau berlebihan.

Microsoft Office

Microsoft OfficeSaya pikir aplikasi ini sangat dibutuhkan hampir setiap pengguna komputer. Sayangnya aplikasi besutan Microsoft ini berbayar. Alternatifnya yakni Office Web Apps, Open Office, dan Google Docs. Hm, saya hanya punya satu lisensi resmi aplikasi ini. Akhirnya saya hanya pasang di notebook saya. Komputer di rumah? Manfaatkan Office Web Apps dulu aja lah, nanti kalau sudah punya rezeki cukup insya Allah akan beli versi Home Student. Semoga rezeki lancar. Amin.

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi pembaca berkas berformat PDF (Protable Document Format). Alternatif aplikasi selain Acrobat Reader yakni Foxit Reader dan Google Chrome. Hah? Google Chrome? Itu browser tauk! Iya, saya juga baru tahu sih Google Chrome bisa digunakan untuk membaca berkas PDF. Coba aja sendiri dengan cara drag and drop berkas PDF ke Google Chrome atau melalui fitur Open File di Google Chrome.

VLC Media Player

Windows Media Player (WMP) sebagai aplikasi bawaan sebenarnya bisa juga digunakan untuk memutar video, namun banyak sekali codec yang tidak berhasil dikenali. Oleh karena itu aplikasi pemutar video tambahan semacam VLC Media Player harus dipasang agar bisa membaca codec video yang tidak didukung oleh WMP. Alternatif aplikasi pemutar video lainnya yakni Media Player Classic.

.NET Framework

Kali ini bukan aplikasi sih sebenernya, tapi ada beberapa aplikasi yang bergantung pada library tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut akan berhasil dipasang atau dijalankan jika library ini belum dipasang. Jadi untuk jaga-jaga saja, unduh saja lalu pasang di sistem operasi Windows kamu, daripada nanti kebingungan aplikasi tidak bisa berhasil dipasang.

DoPDF

Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna yang membutuhkan keluaran berkas berupa PDF. Masih belum jelas aplikasi ini fungsinya apa? Coba dipasang dulu lalu coba tekan Ctrl+P di halaman ini kemudian pilih printer doPDF setelah itu klik print. Maka nanti hasil print akan berupa PDF yang bisa diakses secara virtual dan disebarkan layaknya berkas PDF lainnya.

Teracopy

Aplikasi ini sangat berguna sebagai katalis proses penyalinan berkas (copy) terutama ketika menyalin berkas yang amat banyak dan memiliki ukuran yang relatif kecil.

FastStone Photo Resizer

Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan modifikasi foto seperti resize, contrast and bright adjustment, watermark, dsb. Aplikasi ini mempermudah proses modifikasi banyak berkas foto secara serentak. Langkah pertama: tentukan parameter jenis modifikasi, langkah kedua: pilih kumpulan foto yang hendak dimodifikasi, langkah ketiga: klik `Convert`. Bam! Dalam sekian detik (tergantung banyak foto dan parameter modifikasi), kumpulan foto hasil modifikasi sudah bisa dinikmati. Jadi kamu tidak usah lagi memodifikasi foto satu persatu dengan model modifikasi yang sama.

Dropbox

DropboxAplikasi ini sangat berguna sebagai fasilitas backup data. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan data yang dinaungi aplikasi tersebut dapat diakses dari manapun. Baik dari telepon selular, tablet, notebook, komputer di rumah, bahkan komputer di warnet sekalipun. Aplikasi ini juga sangat berguna sebagai aplikasi pendukung kolaborasi pekerjaan tim.

7-Zip

Merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan kompresi berkas. Saya sering menemui pengguna yang menggunakan WinRAR. Terlepas pengguna tersebut membajak aplikasi tersebut atau benar-benar memiliki lisensi resmi, saya menawarkan aplikasi 7-zip, sama-sama aplikasi kompresi tapi bisa dimiliki secara gratis. Tinggalkan WinRAR, lalu beralih ke 7-zip. Atau bayarlah lisensi WinRAR, bukan membajaknya. Sepengetahuan saya, versi setelah Windows XP SP3, sudah dilengkapi dengan fitur ekstrak dan kompresi berkas. Akan tetapi sayangnya hanya mendukung format ZIP, tidak untuk format lainnya seperti RAR, BZIP, GZIP, TAR, dsb.

Dan beberapa aplikasi lainnya (yang menurut saya agak geeky) seperti..

Apa saja aplikasi andalanmu?

4 Replies to “Perihal Aplikasi Andalan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s