Perihal Surat Izin Menyeberang

Tahukah kamu cara menyeberang dengan baik dan benar? Tidak semua orang memahami betapa krusialnya hal ini. Perilaku pejalan kaki saat menyeberang jalan dapat mempengaruhi intusisi pengendara (baik sepeda motor, mobil, bus, dsb).

Abbey Road Zebra Crossing 2004
Zebra Cross [gambar diambil dari wikipedia]

Manfaatkan jembatan penyeberangan

Fasilitas jembatan penyeberangan diberikan oleh pemerintah agar memudahkan pejalan kaki untuk menyeberang jalan. Silakan dimanfaatkan agar tidak membahayakan nyawa baik si penyeberang maupun pengguna jalan raya lainnya. Hati-hati dengan segala bawaan karena bisa jadi rawan kriminalitas apalagi saat jembatan penyeberangan dalam kondisi ramai.

Jika tidak ditemukan jembatan penyeberangan sejauh mata memandang, silakan mencari zebra cross kemudian memanfaatkannya untuk menyeberang. Anda, sebagai pejalan kaki memiliki hak untuk menyeberang sepanjang zebra cross, tentu dengan memperhatikan faktor keamanan (tengok kiri-kanan) sebelum menyeberang. Memang butuh intuisi yang tepat dalam memperkirakan tingkat kepadatan kendaraan yang melintas saat menyeberang. Usahakan berada di tingkat paling sepi, walaupun di jalan raya yang ramai sekalipun, misalnya Jalan Margonda Depok.

Jika tidak ada zebra cross, silakan mencari titik penyeberangan yang paling dianggap aman untuk menyeberang. Titik paling aman untuk menyeberang menurut saya yakni lampu lalu lintas, terutama saat menyeberang di ruas jalan yang sedang dikenai lampu merah. Titik paling membahayakan menurut saya yakni tikungan.

Berikan tanda dan tetaplah tenang

Saat menyeberang di zebra cross atau titik yang dirasa paling aman, hendaklah memberikan tanda dengan mengangkat telapak tangan yang terbuka setinggi mungkin agar bisa dilihat dengan mudah oleh pengendara yang sedang melaju ke arah Anda. Hal ini sangat membantu pengendara mengenali kondisi Anda yang sedang menyeberang. Mungkin sulit dilakukan oleh orang yang kedua tangannya sedang tidak leluasa untuk digunakan, akan tetapi yang penting berikan performa terbaik Anda untuk memberikan tanda pada pengendara bahwa Anda hendak menyeberang. #halah

Selain itu, tetaplah berjalan dengan tenang (tidak terlalu pelan atau tidak terlalu cepat, apalagi berlari). Kecepatan Anda dalam menyeberang sangat mempengaruhi intuisi pengendara mengenai berapa kecepatan maksimum yang seharusnya dimiliki agar menghindari segala kemungkinan tabrakan, baik tabrakan dengan Anda maupun dengan kendaraan di belakang mereka. Kecepatan yang tinggi seperti berlari bukan berarti bagus, tapi malah memecah konsentrasi pengendara saat melaju. Pengendara dapat kaget karena ada objek yang bergerak dengan cepat di depan mereka.

Pentingnya Surat Izin Menyeberang

Sama halnya dengan surat izin mengemudi, jika penyeberang tidak memiliki surat izin menyeberang dan tertangkap basah tidak menyeberang dengan baik dan benar, maka ia bisa ditilang dan dikenakan sanksi yang berlaku. #lah

Disclaimer: sebenernya judul post ini agak nyeleneh sih, soalnya mau dibikin judul `cara menyeberang dengan baik dan benar` juga kurang gahoel 😆

Jalan mana yang menurut Anda memiliki tantangan paling besar untuk diseberangi? #halah

2 Replies to “Perihal Surat Izin Menyeberang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s