Toshl: Aplikasi Keuangan Gratis & Praktis

Sejak Desember lalu, saya mulai memperhatikan kondisi keuangan pribadi. Terinspirasi dari sebuah buku, saya membagi pengeluaran saya menjadi pengeluaran mingguan dan bulanan. Pada malam hari, saya hampir selalu menyempatkan diri untuk mencatat setiap pengeluaran yang saya lakukan pada hari itu… di EXCEL! Ya, Microsoft Excel. Pencatatan primitif ini mulai saya tinggalkan sejak menemukan aplikasi keuangan yang praktis, yakni Toshl.

toshl-homepage

Toshl?

Sebuah aplikasi pencatatan transaksi finansial personal, sekali lagi ini aplikasi keuangan personal, bukan keuangan perusahaan yang keluarannya berupa jurnal dan neraca. Layaknya sebuah aplikasi keuangan pada umumnya, ia menerima data transaksi dari pengguna berupa jumlah dan kategori transaksi. Setelah itu aplikasi akan membuat ringkasan transaksi pemasukan dan pengeluaran pada periode tertentu. Ringkasan tersebut sangat berguna untuk dijadikan pengguna sebagai bahan evaluasi atau acuan untuk memperbaiki kondisi finansial di periode berikutnya.

Free Download

Aplikasi keuangan Toshl mobile dapat dinikmati oleh pengguna telepon seluler iPhone, Android, Symbian, dan Windows Phone 7. Aplikasi keuangan Toshl mobile tersebut dapat diatur agar datanya tersinkronisasi dengan Toshl.com sehingga datanya juga dapat dilihat dalam format web.

Kelebihan Toshl dibanding aplikasi keuangan lainnya?

Pengguna dapat melakukan evaluasi sebuah kategori (disebut sebagai tags) secara langsung. Pada contoh di bawah ini terlihat bahwa sebuah tags pengeluaran apartment pada bulan ini telah melebihi pengeluaran sebanyak 540% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Ringkasan sekilas tersebut dapat dilihat di bagian kanan halaman.

Toshl Finance Index
Index Page Klik untuk melihat gambar lebih besar

Sedangkan bagian kiri halaman terlihat detail dari transaksi perhari pada bulan tersebut. Terlihat bahwa kita dapat mengatur sebuah transaksi agar dimasukkan dalam satu atau bahkan tiga tags sekaligus. Pada halaman tersebut juga terlihat saldo yang tersisa pada bulan tersebut.

Kita dapat mengatur lifecycle keuangan kita agar dimulai pada tanggal tertentu (biasanya tanggal gajian). Pada contoh di bawah ini terlihat bahwa kondisi keuangan dimulai dari tanggal 25. Maka Toshl akan menampilkan pengeluaran dan melakukan kalkulasi saldo bulan berjalan mulai tanggal 25 April hingga 25 May.

Pada contoh di bawah ini merupakan rupa-rupa formulir yang harus diisi oleh pengguna untuk memasukkan pengeluaran. Pada contoh gambar selanjutnya merupakan rupa-rupa formulir pemasukan. Pada form pengeluaran, kita harus memasukkan data jumlah dan tags transaksi. Pengaturan tanggal transaksi dan pengulangan rutin transaksi dapat diubah sesuai keinginan. Detail deskripsi bersifat opsional bagi pengguna, jika tidak diisi pun tidak apa.

Fitur Paling Disukai: Tags

Saya sudah mencoba beberapa aplikasi keuangan yang serupa dengan Toshl, namun hal yang paling ribet dari aplikasi-aplikasi tersebut yakni pengaturan kategori (atau tags dalam konteks Toshl). Jika kita ingin memasukkan sebuah transaksi, namun ternyata kita tidak menemukan sebuah kategori yang cocok pada transaksi tersebut, kita harus keluar dari halaman penambahan transaksi untuk menambah kategori terlebih dahulu.

Keribetan tersebut belum termasuk jika kita ingin mengubah pengelompokan kategori. Misalnya kategori AA, AB, AC, AD, dan AE termasuk dalam kategori AX. Kemudian pada suatu saat kita ingin mengubah pengelompokan kategori AE bukan AX, tapi XE. Hal tersebut harus dilakukan dengan cara menghapus kategori AE terlebih dahulu, kemudian membuat lagi sebuah kategori AE, namun kali ini dikelompokkan dalam kategori XE, bukan AX lagi. Hal ini membuat seluruh transaksi yang sebelumnya berkaitan dengan AE tidak memiliki kategori AE lagi. Oleh sebab itu, kita harus memodifikasi seluruh transaksi yang berkaitan dengan AE agar ia dapat dimunculkan ringkasannya dalam sistem.

Toshl Finance Tags
Tags Summary Klik untuk melihat gambar lebih besar

Berbeda dengan Toshl,

aplikasi keuangan ini melakukan perekaman kategori (selanjutnya disebut tags) saat penambahan transaksi. Jadi tags tidak harus dibuat dulu saat penambahan transaksi. Tags pun dapat diubah dengan mudah saat penyuntingan data transaksi. Pengelompokan transaksi juga dapat diidentifikasi oleh Toshl dengan mudah (contoh gambar pada Tag Details). Pemilihan tags juga dapat dilakukan dengan mengetik biasa kemudian autocomplete, selain itu juga bisa diklik pada tag yang diinginkan.

Pada gambar di bawah ini merupakan tampilan halaman tags. Terlihat setiap tags ditampilkan sebagai sebuah bola dengan ukuran sesuai dengan porsinya terhadap pengeluaran bulan tersebut. Selain itu setiap tags akan ditampilkan secara alfabet beserta jumlahnya pada bagian di bawah gambar.

Jika salah satu tags diklik, maka akan muncul detail dari tag tersebut. Pada contoh di bawah ini saya mengeklik tag apartment, maka akan muncul detail dari transaksi yang berkaitan dengan tag apartment beserta grafiknya di sebelah kanan. Terlihat ada empat tag lainnya yang berkaitan dengan tag apartment. Ini yang saya maksudkan dengan pengelompokan tags (kategori).

Toshl Finance Tag Details
Tag Details Klik untuk melihat gambar lebih besar

Fitur favorit selanjutnya: Budget

Pada praktiknya saya menggunakan budget (anggaran) untuk mengontrol pengeluaran mingguan saya terhadap tag makanan dan tag keseluruhan. Jadi misalnya saya mengatur budget sejumlah Rp350.000 setiap pekan untuk pengeluaran makanan. Jika pengeluaran makanan saya melebihi Rp350.000, maka grafik akan berwarna merah (sesuai contoh pada gambar di bawah ini). Jika pengeluaran makanan saya masih di bawah Rp350.000, maka grafik akan berwarna hijau. Begitu juga halnya pada pengeluaran mingguan yang mencakup seluruh tags termasuk tag makanan.

Catatan khusus wabil khusus: eh nominal di atas hanya sebagai contoh aja ya, saya tidak seroyal itu kok perihal makan, saya kan orangnya sederhana. *ngerapihin kerah

Catatan pengeluaran yang sudah dicatat dapat diekspor ke dalam bentuk format lain, seperti print, PDF, email, atau format lainnya.

Gambar-gambar di atas merupakan antarmuka web Toshl. Selain itu Toshl juga dapat diakses melalui telepon selular. Agar aplikasi Toshl yang ada di telepon selular terhubung dengan akun kita, maka kita harus melakukan pengaturan dulu di halaman Settings.

Sudahkah kamu memiliki aplikasi keuangan andalan untuk mengatur kondisi finansialmu?

23 Replies to “Toshl: Aplikasi Keuangan Gratis & Praktis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s