Perihal Guvera

Setelah sempat tidak puas dengan Melon, akhirnya saya menemukan layanan musik streaming yang cukup memuaskan, Guvera. Sebelumnya saya juga pengguna Nokia Mix Radio, layanan yang cukup bagus dari Nokia. Layanan tersebut gratis tapi pengguna tidak leluasa memainkan lagu yang diinginkan, yang membuat saya lalu berpaling.

Alasan

Guvera - Playlist

Ada tiga alasan utama kenapa saya berlangganan Guvera,

  1. Koneksi. Jika tidak ada Bolt yang menyuguhkan koneksi menuju 4G, niscaya berlangganan musik streaming hanya mimpi dan bikin kesal belaka. Bagaimana tidak, baru beberapa detik lagu dimainkan, langsung tersendat karena buffer data.
  2. Keleluasaan memilih lagu yang ingin dimainkan. Pilihan playlist pun beragam dan cukup aktif diperbaharui. Alasan inilah yang membuat saya meninggalkan Nokia Mix Radio. Gratis sih, tapi gak leluasa. Saya pribadi lebih memilih layanan berbayar asal experience satisfaction dalam layanan musik streaming tersebut terpenuhi.
  3. Aplikasi mobile tersedia di Windows Phone. Guvera sudah muncul di Indonesia sejak lama, hanya saja disebabkan belum adanya aplikasi di Windows Phone, saya kurang menikmati.

Alasan lainnya ya standar, agar bisa menemukan lagu-lagu baru selain playlist. Lalu saya bisa mendengarkan lagu-lagu random tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Bisa jadi saya hanya mendengarnya sekali dua kali saja, setelah itu bosan. Nah dengan Guvera, cukup berlangganan sekian rupiah, saya bisa mendengarkan jutaan lagu, berkali-kali hingga terasa bosan.

Fitur Pencarian

Guvera - Search

Kriteria pencarian bisa berdasarkan artis, album, serta judul. Sejauh pengalaman saya mencari lagu-lagu kesukaan saya di layanan ini, 95% tersedia. Ya masih lumayan lah. Oh iya, kualitas audio yang diberikan cukup baik, walaupun diklaim hanya menawarkan bitrate 96kbps. Ya kalau kualitasnya bagus (320 kbps), mungkin dibutuhkan kecepatan maksimal koneksi yang dijanjikan Bolt 4G (hingga 72 Mbps).

Guvera Play

Guvera Play
Guvera Play

Jika ingin mendengarkan lagu-lagu random layaknya Nokia Mix Radio, pengguna bisa menggunakan fitur Guvera Play. Saat ini masih terbatas tersedia di desktop, semoga segera diimplementasikan di mobile. Memang ada beberapa lagu yang kurang tepat, misalnya pada saat saya memilih tag #Indonesia, ada aja lagu mancanegara. Tapi bisa dimaklumi karena pemberian tag tersebut merupakan user generated content.

Berlangganan

Guvera - Subscribe

Ada beberapa paket langganan yang ditawarkan. Saya sendiri memilih layanan bulanan karena terkait cashflow bulanan saja. Coba deh kalau misalnya paket 3 bulan itu ada diskon lumayan, mungkin saya akan langsung sabet. Selain itu, saya juga merasa ingin mencoba layanan baru lain yang serupa dengan Guvera. Sayangnya belum ada aplikasinya di Windows Phone.

Pembayaran

Guvera - Payment

Oh iya, pembayaran tidak cuma kartu kredit, bisa juga menggunakan layanan Doku bahkan pulsa loh. Kabarnya pembayaran memakai pulsa baru tersedia untuk langganan harian, mingguan, dan bulanan saja. Tapi mantap juga tuh.

Guvera Windows Phone

Mungkin ada yang penasaran bagaimanakah rupa aplikasi Guvera di Windows Phone, berikut beberapa screenshot,

Feedbacks

  • Aplikasi Guvera di Windows Phone masih memiliki bug, terutama pada aspek pengelolaan volume. Kadangkala aplikasi tidak bisa dikecilkan suaranya padahal volume sudah level mute.
  • Support Guvera yang sangat buruk. Saya sempat mendapat masalah saat berlangganan menggunakan paket XL. Akan tetapi respon yang diberikan sangat tidak memadai, bahkan cenderung diabaikan. Untung saja customer service XL (di XL Center ya, bukan twitter) mau mengembalikan pulsa yang telah saya gunakan untuk berlangganan paket Guvera XL.
  • Guvera Play merupakan fitur yang inovatif sebagai sarana pengguna menemukan lagu-lagu asik yang belum pernah didengarnya, di luar playlist.
  • Fitur pembayaran memakai pulsa merupakan cara yang lumayan efektif menjaring pasar di Indonesia. Agaknya menurut saya tarif yang diberikan menjadi barrier pengguna. Pengguna harus merogoh kocek 75 ribu rupiah untuk berlangganan layanan seharga 55 ribu rupiah. Bahkan bisa jadi akan tersalip dengan layanan lain yang kabarnya lebih terjangkau daripada Guvera.
  • Fitur offline track yang mungkin bisa dicontoh dari Nokia Mix Radio. Jadi pada sebuah playlist, kita cukup menekan ‘download as offline playlist’, tanpa harus memainkan lagu tersebut agar menjadi offline track.

Layanan musik streaming apakah yang kamu gunakan sekarang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s