Menjangan

Menjangan itu nama lain dari rusa. Katanya sih pada musim tertentu, rusa-rusa pergi menyeberang ke pulau tersebut. Apakah ada nuansa sakral atau mistis dari aktivitas rusa-rusa tersebut?

Berlokasi di Taman Nasional Bali Barat, kawasan ini sering dikunjungi baik wisatawan mancanegara maupun lokal (termasuk saya). Puji Tuhan saya diberi kesempatan untuk berkunjung pada akhir tahun 2014 lalu. Bukan untuk nengok rusa-rusa sih tapi untuk ber-snorkeling ria.

Keindahan bawah laut yang disuguhkan di Menjangan sungguh menakjubkan. Dibandingkan dengan snorkeling di Kepulauan Seribu dan Lombok, saya sempat terpana dengan ciptaan Tuhan tersebut. Ikan warna-warni serta terumbu karang yang terlihat kokoh namun rapuh bertebaran di bawah sana.

Tak banyak foto yang bisa saya sajikan di tulisan ini sebab kamera belum tahan basah. Mungkin lain kali jika diberi kesempatan lagi pergi ke Menjangan, saya akan coba eksplorasi objek wisata lainnya. Sebab setahu saya masih ada aktivitas lainnya selain snorkeling yang bisa dilakukan di Menjangan.

Di atas ini merupakan foto hasil sewa kamera underwater. Saya lupa minta hasil foto-fotonya. Jadi saya post aja salah satu foto Menjangan teman saya yang katanya mirip Dian Pelangi ini. Dia juga ikut trip ke Menjangan saat itu. Fyi aja kalo mau dikenalin ama doi, sini lewat kolom komentar. *minta dikemplang nih*

Itinerary dan Biaya Trip Menjangan

Agar tulisan agak banyak dikit, saya mau cerita sekelumit cerita perjalanan dan biaya yang dihabiskan selama di Menjangan. Jadi kami naik kereta dari Jakarta ke Surabaya. Setelah itu naik kereta lagi dari Surabaya ke Banyuwangi, yang ternyata lumayan lama juga, 8 jam perjalanan. Sesampainya di sana, kami jalan kaki ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sembari menunggu anggota trip lainnya yang menyusul. Nah baru setelah anggota trip lengkap, kami baru beranjak ke pelabuhan untuk menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Menjangan
Foto random pagi-pagi sebelum berangkat snorkeling

Lama penyeberangan tidak memakan waktu lama, sekitar satu jam kalau tidak salah. Setelah tiba di Pelabuhan Gilimanuk Bali, kami dijemput oleh travel untuk diantar ke Taman Nasional Bali Barat, tepatnya Menjangan. Saat itu sudah cukup larut malam, jadi setibanya di sana kami langsung menggelar sleeping bag kemudian beristirahat hingga pagi tiba. Fyi aja, kami tidur di sebuah aula terbuka berukuran 6×6. Biasa lah, liburan ala backpacker ya begini, tidur di aula terbuka, bukan di penginapan, dalam rangka penghematan.

Pagi-pagi kami langsung berangkat ke spot snorkeling. Seharian kami dapat 3 spot yang cukup membuat mata betah sambil terbelalak akan keindahan alam bawah lautnya. Nyesel deh pokoknya gak bawa kamera underwater sendiri.

Oh iya, biaya selama di Menjangan habis sekitar Rp290ribu per orang, dengan total anggota trip sejumlah 18 orang.

Sri Tanjung Surabaya-Banyuwangi Rp50,000 Rp50,000
Kapal Ferry Banyuwangi-Bali Rp8,000 Rp8,000
Sewa mobil PP Pelabuhan-Menjangan Rp600,000 Rp64,000
Sewa kapal Rp580,000 Rp62,000
Guide Rp300,000 Rp16,000
Snorkle+Pelampung Rp60,000 Rp60,000
HTM Menjangan Rp25,000 Rp25,000
Asuransi Rp4,000 Rp4,000
TOTAL  Rp289,000

Cerita belum berakhir. Saya akan cerita perjalanan saya selanjutnya di Trip Bali, Banyuwangi, dan Malang. Stay Tune!

One Reply to “Menjangan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s