Komitmen dan Konsistensi

Komitmen saya menulis sebuah posting setiap bulan di blog ini diuji. Blog ini telah hiatus selama 3 bulan, bukan disebabkan kehabisan ide apa yang hendak ditulis tapi sebab faktor kesibukan diri. Sebenarnya memang tidak ada yang merugi, hanya sekadar kepuasan diri, namun hal tersebut sudah cukup mengajarkan saya arti pentingnya konsistensi.

Credit to Casey Neistat
Credit to Casey Neistat

Berkomitmen memang cukup mudah dikatakan namun pada kenyataannya konsistensi cukup susah diimplementasikan. Kita akan dihadapkan pada berbagai kesulitan dan hambatan dalam melakukan tugas hingga selesai. Itu hal yang maklum tapi jika didukung oleh kemauan yang kuat, hambatan dan kesulitan pun terlewati.

Casey Neistat

Siapakah Casey Neistat yang saya sebut pada gambar tersebut? Seorang bintang YouTube yang mulai populer setelah mengunggah kehidupan sehari-harinya dalam bentuk video ke YouTube, atau lazimnya disebut sebagai Daily Vlog. Dia benar-benar konsisten melakukan rekaman dan penyuntingan video setiap harinya. Tak peduli sedang di negara apa, koneksi yang tidak bersahabat, atau alat yang bermasalah, dia tetap merekam dan menyuntingnya setiap hari.

I spend hours for editing a video and I don’t have idea how he is doing it every day, I believe he compromised his sleep time, and yes he told us he did

Resolusi Tahun Baru

  • Lebih sehat dengan olahraga setiap pagi
  • Tidur lebih awal serta bangun lebih pagi setiap hari
  • Menguasai kemampuan/skill baru, seperti instrumen ukulele, atau programming, atau lainnya.

Familiar dengan kalimat di atas? Yap, resolusi tahunan. Adakah di antara para pembaca yang memiliki resolusi tahunan yang biasanya dibuat pada awal tahun?  Pasti ada di antara pembaca yang membuat resolusi tahunan yang tentunya bertujuan lebih baik dari tahun sebelumnya. Atau ada juga yang tidak membuat satu pun dengan menjalani saja hidup yang akan dilalui tahun tersebut. Nah jika dihitung-hitung, sekarang sudah sepertiga tahun 2016, bagaimanakah perkembangan resolusi Anda?

Mendaki Gunung

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendukung pencapaian resolusi Anda,

SMART

Pastikan bahwa setiap target Anda memenuhi kriteria SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound). Target yang spesifik dan terukur mempermudah Anda untuk mengetahui apakah target telah atau belum tercapai. Juga membantu apakah perlu dibuat langkah lebih lanjut agar dapat mencapai target dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Bertahap

Buatlah target yang dapat dicapai bertahap secara berkala. Hal ini mempermudah Anda untuk mencapai tujuan akhir secara perlahan, bukan langsung drastis ke tujuan akhir. Misalnya saja target untuk bangun pukul 4 pagi maka sebaiknya Anda menyusun rencana untuk bangun pagi pukul 5.15 pagi, kemudian minggu selanjutnya 5.00, dan seterusnya hingga Anda dapat bangun pada pukul 4 pagi. Lebih mudah bukan?

Akuntabel

Jika Anda benar-benar serius ingin mencapai tujuan, buatlah tujuan Anda menjadi akuntabel. Hal ini sangat membantu Anda untuk terus termotivasi menjaga komitmen hingga tuntas. Misalnya saja target Anda ingin menjaga bentuk badan yang lebih proporsional, maka Anda bisa memiliki seorang trainer. Biasanya Anda akan dibantu oleh trainer dengan dibuatkan sebuah program training berupa jadwal bahkan porsi nutrisi makanan sehari-hari agar program berhasil sesuai ekspektasi.

Memang tidak gratis tapi ada juga cara yang bebas biaya. Misalnya meminta bantuan teman Anda atau menulis komitmen tersebut di blog/micro-blog. Harapannya Anda akan lebih termotivasi untuk mencapai target dalam rentang waktu yang sesuai ekspektasi.

Apakah Anda memiliki resolusi tahunan dan bagaimana perkembangannya sejauh ini? Bagi juga dong di kolom komentar strategi kamu dalam mencapai resolusi tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s