Pindah ke WordPress.com

Blog ini telah dikelola hampir enam tahun sejak Maret 2010. Dan selama itu, blog ini ditempatkan dalam sebuah hosting sewaan (self-hosted). Dan mulai hari ini, blog ini telah sepenuhnya dikelola dalam layanan WordPress.com. Apa artinya, perbedaan, dan bagaimana caranya menggunakan layanan serupa?

Kenapa?

Selama 6 tahun tersebut, bukan berarti blog ini aman tenteram. Serangan berupa downtime bahkan defacing sudah cukup sering dan saya masih bisa mengatasinya. Namun beberapa hari terakhir ini, blog ini diserang cukup intensif.

Serangan tersebut memodifikasi database dengan menyisipkan sebuah script deface, yang sampai sekarang saya tidak tahu ada di mana. Recovery pun sudah dilakukan dengan restore database sebelum kena serangan. Namun hanya bertahan 3 hari, serangan deface yang dilakukan lebih mengganggu dari serangan sebelumnya.

Saya masih heran, padahal saya sudah ganti password Client Area, cPanel, database, WordPress, namun masih saja kena serangan. Apa gerangan penyebab blog mudah sekali diserang? Jujur saya kurang ahli dalam mengamankan file-file hosting. Akhirnya saya tak ambil pusing, kemarin langsung saya putuskan untuk memindahkan konten yang telah saya miliki di blog ini ke layanan WordPress.com.

Bedanya?

Blog saat ini lebih aman sebab menggunakan protokol https. Huruf s di situ merupakan singkatan dari kata secure atau aman. Jadi pengunjung tidak dikhawatirkan lagi oleh script yang disisipkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

https://www.flickr.com/photos/64060016@N03/5965185594/in/photostream/
Foto oleh Christopher Ross

Dari sisi pengunjung tidak banyak yang terlihat atau terasa bedanya. Dari sisi penulis atau administrasi, cukup banyak. Modifikasi tema dan plugin tidak sebanyak dulu tapi saya tidak terlalu memusingkan ini, toh fasilitas di WordPress.com sudah cukup lengkap dan kece. Pun saya tidak bisa lagi menggunakan Google Analytics kecuali berlangganan layanan Business Plan. Ya sudahlah, toh saya kurang paham juga bagaimana membaca data-data di Analytics.

Dan yang terakhir, saya tidak bisa lagi menggunakan domain amyunus.com untuk keperluan lain, misalnya layanan shortlink. Mungkin ini satu hal yang memberatkan saya kehilangan layanan bebas di self hosted blog. Tapi tidak apa, saya masih punya amyun.us di domain berbeda.

Bagaimana?

Tarif layanan ini senilai $5.99 per bulan atau 4x lebih mahal daripada mengelola blog sendiri. Kali ini saya tidak lagi dipusingkan masalah keamanan, cukup berfokus pada kegiatan tulis-menulis. Dan saya dapat storage 13 GB jadi tidak perlu hemat-hemat lagi ketika upload gambar. Hehehe. Silakan klik WordPress.com untuk informasi lebih lanjut ya.

Ada yang gratis juga kok, cuma layanan ini berbayar sebab saya menggunakan fasilitas Custom Domain

4 Replies to “Pindah ke WordPress.com”

    1. Si pelaku nyisipin inline javascript di bagian ‘head’ paling awal sebelum loading content website. Gue belum tau gimana cara pastinya tapi nampaknya lewat database. Sebab gue gue cek file di server gak ada yang berubah di hari itu dan saat gue replace dengan database lama, semua normal.

      Suka

  1. Selamat datang saudara sesama blogger. Semoga betah ya. Saya hampir 6 tahun udah betah banget disini hehe.
    Enak buat nulis apalagi ada aplikasi mobile sekarang jadi bisa check in blog setiap saat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s