Udacity: Belajar Membuat Aplikasi Android

Keisengan belajar pemrograman Android ini berawal dari libur lebaran yang terasa cukup lama akhirnya saya coba mencari kesibukan agar tidak bosan di rumah. Tiba-tiba saya menangkap informasi Indonesia Android Kejar di linimasa. Sontak saya langsung kunjungi halaman tersebut dan saya diarahkan ke sebuah situs pembelajaran online bernama Udacity. Wah asyik juga nih bisa belajar membuat aplikasi Android secara gratis.

Baca juga: Artikel ini dalam aslinya dalam bahasa Inggris. Klik untuk membaca!

indonesia android kejar

Udacity sebagai tempat pembelajaran via daring

Saat ini media pembelajaran tidak melulu melalui sekolah atau kampus namun juga bisa diakses melalui daring (internet). Konsep ini dikenal baik dengan sebutan Massive Open Online Course (MOOC). Jika jenjang pembelajaran formal terikat dengan waktu dan tempat maka pembelajaran via daring ini bisa dilakukan kapan saja dimana saja, asalkan terhubung dengan internet. Hanya saja proses belajar via daring sangat memerlukan komitmen dari pelajar tersebut sendiri.

Situs internet yang menyediakan fasilitas pembelajaran via daring sangat beragam. Selain Udacity, ada juga Coursera, OpenClassrooms, Khan Academy, Lynda.com, dan lain sebagainya. Saya sendiri pernah mengikuti pembelajaran di Coursera dan Udacity. Saat itu saya belajar topik Data Scientist di Coursera (The Data Sicentist’s Toolbox dan R Programming) dan Android Basics sebagai pemula di Udacity.

Nah saya mau berbagi bagaimana rasanya belajar di Udacity. Kenapa saya tertarik belajar di Udacity? Salah satunya yakni Udacity merupakan partner resmi Google dalam hal pelatihan pemrograman Android.

Udacity - Belajar Membuat Aplikasi Android

Udacity bagus karena …

Materi dapat diakses secara gratis. Ada juga program Nanodegree jika peserta ingin memiliki sertifikasi atau membutuhkan tenaga pengajar yang akan membantu proses pembelajaran. Selain itu, ada juga program Nanodegree plus yang menjamin ketersediaan lapangan kerja usai pelajar mengikuti program.

Topik pembelajaran sudah terbagi-bagi berdasarkan tingkat pemahaman peserta pembelajaran (beginner, intermediate, advance). Hal ini memudahkan peserta untuk memilih tipe materi seperti apa yang hendak diikuti.

 

Setiap pembahasan disertakan video yang tidak membosankan. Video selalu dibuat interaktif dan menyenangkan. Misalnya saja dikemas dalam bentuk cerita, analogi, atau pelatihan yang interaktif.

Jika dibandingkan dengan Coursera, kebanyakan video di Coursera hanya berupa slide presentasi kemudian diikuti suara penjelasan dari sang pengajar. Jelas kurang visual dan menurut saya tidak cocok untuk peserta pemula. Saya cukup maklum sebab pengajar merupakan profesor di kampus penyedia materi pembelajaran.

Metode pembahasan di Udacity cukup detail, jadi tidak usah khawatir atau terintimidasi dengan banyaknya “bab” pembelajaran yang terlihat di kolom sebelah kiri.

Udacity-1

Terdapat aplikasi simulator yang membantu peserta mendapatkan gambaran singkat secara bertahap mengenai proses pemrograman Android, sebelum dihadapkan dengan aplikasi aslinya yakni Android Studio.

Tak hanya itu, pengajar juga sering memberikan contoh implementasi teori pada aplikasi yang sering dipakai sehari-hari, misalnya aplikasi surat elektronik, Google Play, Google Weather, dan sebagainya.

 

Pengajar juga sering menunjukkan cara penyelesaian masalah pengembang Android sehari-hari. Misalnya saja melakukan pencarian melalui mesin pencari Google, forum tanya jawab StackOverflow, halaman dokumentasi Android, situs tutorial, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, konsep pembelajaran di Udacity cukup bagus bagi pemula untuk belajar pemrograman Android. Udacity menjabarkan apa saja yang dibutuhkan selama pengembangan aplikasi, bahkan diajarkan pula pembuatan pseudocode sebelum mulai menulis program. Oh iya, saya pribadi sih lebih suka penjelasan Katherine dibanding Lyla dan Jessica.

 

Tapi Udacity itu kurang bagus karena …

Materinya sudah cukup lama, sekitar tahun 2015. Meskipun agak relevan tapi sangat berpotensi membingungkan peserta, terutama bagian praktik. Jujur saya sempat bingung pada beberapa bagian sebab harus adaptasi LinearLayout ke ConstraintLayout. Walaupun demikian, instruksi dalam bentuk teks selalu diperbarui dan peserta dapat bertanya dalam forum diskusi yang telah disediakan.

Udacity-15

Pada beberapa bagian, pengajar memberikan contoh atau pelatihan yang sangat berpotensi membingungkan peserta, misalnya kunci jawaban yang salah. Atau pengajar memberikan metode yang kurang tepat, misalnya penggunaan iterasi indeks pada ArrayList, menurut saya lebih baik menggunakan Class Iterator.

Ada beberapa materi yang sama dan bersinggungan kemudian dibahas berulang oleh pengajar yang berbeda. Mungkin hal tersebut disengaja agar pemahaman peserta dapat lebih baik dan menyeluruh. Tapi menurut saya tidak perlu disampaikan sedetail materi sebelumnya.

Tips Belajar Android di Udacity

Peserta tidak harus mengikuti proses pemrograman yang sama persis dilakukan oleh pengajar. Peserta bisa saja menggunakan nama variabel yang berbeda, alur proses yang berbeda, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah peserta memahami konsep pembelajaran yang ingin disampaikan oleh pengajar.

Buat pemula sih, nurut-nurut saja lah daripada aneh-aneh malah error trus bingung sendiri

Oh iya, pembelajaran di Udacity menggunakan bahasa Inggris. Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan materi dengan bahasa Indonesia, bisa bergabung dengan Dicoding. Saya pernah mengikuti salah satu kelasnya yakni Belajar Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix. Tidak ada slide atau penjelasan berupa video layaknya Coursera dan Udacity, semuanya berupa tulisan.

Eh tapi gak tau juga ya untuk materi kelas Belajar Membangun Aplikasi Android Native. Bisa jadi berbeda konsep, saya belum mencoba. Kalau sudah mencoba, sharing pengalaman kamu di bawah ya.

Daftar gratis Udacity di tautan berikut

https://auth.udacity.com/sign-up?next=https%3A%2F%2Fwww.udacity.com%2Fcourse%2Fandroid-development-for-beginners–ud837%3Fautoenroll%3Dtrue

Materi pemrograman aplikasi Android yang bisa diakses gratis

https://www.udacity.com/course/android-development-for-beginners–ud837

Materi berbayar – Program Nanodegree

https://www.udacity.com/course/android-basics-nanodegree-by-google–nd803

2 Replies to “Udacity: Belajar Membuat Aplikasi Android”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s