Marbella Suites Bandung

Rasa-rasanya ini kali pertama saya melakukan review tentang hotel. Saya akan bercerita pengalaman saya menginap di hotel daerah Bandung, namanya Marbella Suites Bandung. Saya menginap bersama teman-teman selama dua malam di kelas deluxe suite dalam rangka mengikuti pelatihan selama dua hari.

IMG_20170428_062457~2-1280x720-1

Hotel ini merupakan hotel bintang 4 yang lokasinya berada di Dago Pakar (Dago Atas). Perjalanan yang ditempuh tidak begitu sulit dan hotel juga mudah ditemukan. Saat itu kami menggunakan mobil manual, jadi tidak begitu sulit menghadapi jalanan naik turun yang cukup curam.

Lokasinya memang cukup jauh dari kota, jadi kalau memang tidak berniat untuk menjelajah daerah kota, hotel ini sangat patut dijadikan salah satu pilihan penginapan. Walaupun demikian, banyak juga kok café dan tempat wisata yang berlokasi dekat hotel. Jadi tidak usah khawatir merasa terasingkan. Saya sendiri kemarin sempat mampir di Stone Café. Makanannya enak, saya mencoba Chocolate Volcano dan Pizza.

Penampilan hotel ini jika dilihat dari luar terkesan sudah lama dan tidak modern tapi tetap terawat. Maklum, hotel ini dibangun pada tahun 2007. Berarti sudah 10 tahun berjalan pada saat tulisan ini dibuat. Lahan parkir juga cukup luas jadi cukup mudah untuk mencari spot parkir mobil. Nah kalau jalanan lahan parkir dekat lobi, kondisinya kurang bagus. Tapi toh berkunjung parkir hanya 1-4 kali per hari.

Fasilitas bisa dibilang lengkap sesuai standar hotel bintang 4, ada gym dan kolam renang. Bagi yang suka gym rutin setiap hari, fasilitas ini akan sangat berguna. Jika tidak suka gym, bisa santai sambil berenang. Oh iya, sepertinya kolam renang baru siap (dibersihkan dan dioperasikan) sekitar jam 7-8 pagi. Jadi kalau bisa sarapan dulu baru renang atau renang dulu baru sarapan atau lebih mantap lagi renang sambil makan jajanan yang disediakan di samping kolam renang (nggak kok, di hotel ini tidak ada jajanan di samping kolam renang).

Area kolam renang

Sepertinya konsep hotel ini sering ditempati sebagai event pernikahan atau bisa juga event outdoor with swimming pool event. Terlihat dari penataan kursi dan tenda di samping kanan kolam dan ada semacam panggung di samping kiri kolam. Jadi bagi yang ingin melakukan pernikahan atau event dengan konsep outdoor, bisa mempertimbangkan hotel ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tempat makan di restoran, ada yang indoor dan semi outdoor. Makanannya cukup beragam dan rasanya cukup, walaupun tidak begitu memuaskan. Bisa request juga lho ke pihak restoran untuk membawakan makan siang/makan malam ke kamar.

Tipe Deluxe Suite

Kamar yang saya tempati juga cukup luas dan nyaman, tipenya deluxe. Saya cukup terkejut sebab menurut saya dibandingkan kelas kamar yang sama di hotel lainnya, bisa dibilang kamar ini relatif murah. Secara garis besar kamar ini memiliki 4 area/ruang antara ruang tamu, area makan, kamar mandi, dan kamar tidur.

Selain deluxe, ada juga tipe executive, master, dan grand executive.

Di ruang tamu ada satu sofa yang cukup memuat tiga orang dan satu meja. Kalau dilihat lagi, ada bekas tv bracket di dinding, sepertinya dulu juga tersedia televisi di area ini. Namun sepertinya televisi hanya disediakan satu saja di tipe deluxe dan diletakkan di kamar saja. Di dekat sofa dan meja tersebut ada lemari yang berisi lemari pendingin, microwave, dan perkakas minum (pemanas air, gelas, sendok, air mineral, teh, kopi, dst). Di dalam lemari pendingin tidak ada isinya dan juga tidak menyala sebab belum dicolok saja kabelnya.

Lanjut ke area makan, ada satu meja dan dua kursi yang berhadapan. Di atas meja ada lampu cantik yang menerangi area makan. Di tembok yang menghadap ke meja ini, ada cermin yang sangat sangat besar untuk berkaca.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Di dalam kamar mandi, perkakas mandi disediakan cukup lengkap. Ada handuk, keset, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dst. Selain ada wc, juga ada bak mandi yang bisa diisi dengan air dingin dan air hangat. Tentunya di hawa Bandung yang dingin, sangat terasa nikmat jika berendam air hangat di bak mandi (bathtub). Belum pernah lho saya berendam di bak mandi. Haha.

Lanjut di kamar tidur, terdapat ranjang kasur yang menurut saya berukuran queen, lemari pakaian, televisi, dan meja rias berserta kursinya. Kamar tidur ini memiliki pintu sendiri yang menawarkan level privasi yang lebih. Walaupun saya tidak menemukan dimana kunci pintu tersebut atau cara menguncinya.

Di dalam lemari pakaian terdapat kotak rahasia (safety box) yang bisa kita gunakan untuk menyimpan barang-barang berharga. Ranjangnya cukup empuk dan pilihan kanal televisinya cukup beragam, mungkin standar kanal tivi kabel kali ya. Tapi rata-rata kanalnya tidak begitu jernih jadi kurang enak ditonton, selain kanal video hotelnya sendiri.

Saya mengira bahwa air conditioner (AC) menyala otomatis dan saya sempat terbangun gara gara kedinginan. Saya pikir gara gara AC dan setelah saya cek, ternyata dua AC (di ruang tamu dan kamar), keduanya mati. Waw, memang hawanya dingin juga di daerah Dago.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sebenarnya ada balkon pribadi di setiap kamar yang menurut saya pemandangannya cukup bagus, sedap dipandang mata saat malam hari tiba. Namun kita diharuskan menghubungi pihak hotel terlebih dahulu untuk membuka pintu balkon dengan alasan keamanan. Ya bisa dimengerti, kalau sekadar mengambil foto sih bisa lewat jendela yang bisa dibuka sedikit.


Tiap siang, kamar akan dibersihkan oleh pihak hotel. Jika tidak ingin dibersihkan, silakan menaruh tanda ‘Do Not Disturb’ di pintu kamar. Anda akan menemukan kertas ini diselipkan di pintu kamar.

Secara keseluruhan hotel ini sangat memuaskan dan direkomendasikan, berdasarkan pengalaman saya ya. Mungkin ada pengalaman menginap dari orang lain yang berbeda. Boleh kok sharing di kolom komentar, akan sangat membantu yang lain saat mencari preferensi hotel di Bandung.

Marbella Indonesia
Jl. Sentra Dago Pakar, Cimenyan 40198
Telepon: (022) 82524333
Website: http://www.marbellaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s