Logitech M585

TL;DR : Grip memang tidak seenak MX Master 2S atau G602 tapi bentuknya ringkas. Koneksi bisa menggunakan bluetooth atau USB unifying receiver. Bisa terhubung dengan dua device berbeda secara bergantian tanpa pairing ulang atau copot pasang USB unifying receiver.

Kalau berkutat dengan komputer, tidak lengkap rasanya kalau tidak memakai perangkat mouse atau yang lazimnya disebut dalam bahasa Indonesia sebagai tetikus. Kali pertama gue pakai komputer itu bentuknya desktop dan memakai tetikus berkabel. Sejak gue pakai laptop, kebutuhan adanya tetikus tergantikan dengan adanya trackpad. Nah pas gue kerja, acapkali lebih leluasa menggunakan tetikus ketimbang trackpad, misalnya ketika scrolling dokumen.

Jadilah gue beli tetikus di Gramedia, iseng aja gitu beli yang deket aja dan gampang dicari. Toh gue juga gak ngerti mana yang bagus dan mana yang lebih bagus. Toh juga kebutuhan gue cuman klak klik scroll. Yang penting sih wireless atau nirkabel. Entah emang tetikusnya yang berkualitas rendah atau pemakaian gue yang brutal, perangkatnya seringkali rusak.

g602-gaming-mouse
Logitech G602

Logitech G602

Dengan pertimbangan daripada beli murah tapi berkali kali rusak, mending beli yang canggih sekalian tapi terjamin kualitasnya. Dengan segala kesoktahuan gue tentang tetikus, jadilah gue beli mouse Logitech G602, yang notabene tetikus buat gamers. Bentuknya yang cukup unik, sering mengundang tanya. “Wih mantep nih mouse lu, gamers nih?”. Ya bener sih juga sih kalau tetikus ini punya banyak tombol yang bisa diset sebagai shortcut pada game tertentu. Cuman gue sendiri bukan gamers jadi agak sia-sia juga sih. Pada akhirnya tetikus ini rusak gara gara receiver yang ketabrak dinding atau kursi, kemudian mengakibatkan sering susah sinyal. Pas gue mau beli penggantinya, harganya sekitar 360 ribu rupiah, belum termasuk ongkir. Hahaha. Makasih deh.

wireless-mouse-m585-multi-device
Logitech M585

Kenapa Logitech M585?

Akhirnya gue cari lagi tetikus yang wujudnya wajar wajar aja tapi cukup oke fungsinya. Jadilah gue beli Logitech M585. Kenapa? Karena gue yang awalnya mau beli MX Master 2S, modelnya kegedean, mirip kayak G602. Trus mikir apa beli MX Anywhere 2S aja? Mikir bolak balik, kemahalan juga sih. Hahaha. Nah gue cari alternatifnya deh. Logitech M585 ini masih ‘satu keluarga’ dengan MX Master 2S. Tapi versi paling murah.

logitech flow

 

Compact

Setelah dibeli dan dipakai sih yaaa lumayanlah. Grip nya emang gak seenak G602 atau MX Master 2S sih. Tapi ukurannya lebih ringkas dan lebih enak dibawa kemana mana. Maksudnya dibawa kemana mana tuh dibawa bawa pake tangan sambil nenteng laptop, jalan dari gedung satu ke gedung lainnya untuk meeting. Sebelumnya dengan G602 yang bentuknya bongsor, gue cukup kesusahan untuk mengantonginya atau bawa bawa dari tempat satu ke tempat lainnya.

Dual Koneksi dan Multi Device

Keuntungan yang kedua sih, koneksinya bisa menggunakan USB Unifying Receiver dan Bluetooth. Koneksinya juga bisa dihubungkan ke dua device berbeda berbeda tanpa pairing ulang atau copt pasang USB unifying receiver. Tinggal pencet tombol saja mau terhubung ke device mana. Gue pasang tetikus ini di laptop kerja dan laptop pribadi gue. Kebetulan laptop kerja gak ada fitur bluetooth, nah di sinilah USB unifying receiver bekerja. Gue tinggal klik 1 untuk pake tetikus di pc laptop kerja dan klik 2 untuk pake di pc pribadi. Dead simple.

logitech options button assignment
Button Assignment

Logitech Options

Apalagi ya? Oh iya, beberapa tombol shortcut yang bisa gue assign sebagai gesture button. Ini aseli canggih sih #norak. Walaupun gue gak pake trackpad, gue tetep bisa menikmati trackpad gesture dengan menggunakan tetikus. Asalkan aplikasinya dipasang ya di pc. Nah di pc pribadi sih bisa dipasang. PC kerja nih yang gak bisa dipasang aplikasi aneh-aneh, Gak dikasih user admin soalnya.

Ngomongin Logitech Options, gue bisa set seberapa sensitif pergerakan cursor tetikus. Berasa banget kalau dipakai di layar dengan resolusi tinggi. Untung aja bisa diset, awalnya sempet panik. Hft.

logitech options
Setup Pointer Speed

Logitech Flow

Nah karena aplikasinya cuma terinstall di 1 pc, gue gak bisa pake nih fitur logitech flow. Yang katanya bisa copy paste ke 2 device berbeda. Canggih ya?

Mouse kamu merk dan seri apa? Kenapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s