Kategori
Miscellaneous

Order Food Online di Google Maps atau Book A Seat di GoFood

Kasus

Gue mau beli martabak telor sebagai buah tangan untuk istri tercinta sambal perjalanan pulang ke rumah.

Masalah

Pertama, gue ga tau ada ga ya yang jual martabak di sepanjang rute perjalanan pulang. Kalau ada kan enak ya, bisa sambil jalan pulang trus mampir aja gitu.

Ga perlu ke sana sini ke tempat yang mungkin malah bikin perjalanan pulang jadi ga efisien. Nah kalau ga ada tuh yang lebih masalah.

Kedua, begitu gue sampe, gue ga tau tuh lagi rame apa engga. Kalau rame kan kezel ya, pesen dulu, trus nunggu antrian. Kalaupun ga rame, tetep aja gue harus pesen trus nunggu dimasak.

Sedangkan,

Perjalanan pulang gue dilalui dengan gojek, kereta, dan motor. Ya sekitar 90 menit lah ya. Nah bisa ga tuh waktu 90 menit dipake jadi spare time sang penjual untuk masak dan nyiapin pesenan. Pas gue dateng, tinggal ambil trus cuss lanjut lagi perjalanan pulang.

Ketiga, sebenernya masalah ini juga dialami saat orang pengen book seat di restoran. Mungkin pas jalan-jalan ke suatu tempat trus bingung mau makan/minum apa, mungkin bisa dine in atau sekadar takeaway. Kalau udah book dan pesen via aplikasi, pas dateng bisa langsung makan atau ambil pesenan. Enak bukan?

Usulan solusi

Kalau yang sekarang kebayang sih, di google map kan ada tuh daftar tempat, baik restoran atau sekadar pedagang kaki lima, lengkap beserta informasi posisi, bahkan informasi jam buka atau kontak (kalau ada). Kalau ada yang klaim tempat itu dan sudah berhasil diverifikasi artinya fitur order online bisa digunakan.

Bagaimana cara klaim dan verifikasi? Google ada program My Business.

Bagaimana proses pembayaran? Google sekarang sudah support GoPay.

Atau sekalian aja kolaborasi Google Maps dan GoFood. Atau bisa aja GoFood dilengkapi fitur order dan ambil pesanan sendiri atau book a seat, alih-alih dibantu ambil-antar oleh partner.

Proses

Gue pake fitur Directions untuk routing perjalanan dari stasiun ke rumah. Kasih aja icon makanan yang artinya kita minta suggestion restoran atau jajanan di sekitar rute. Setelah pilah pilih, kita pesan deh.

Yang diterima penjual, informasi siapa yang pesan, apa yang dipesan, lengkap beserta perkiraan pembeli tiba di toko untuk ambil pesanan. Nah mantep ga tuh.


Ini yang lagi kepikiran aja sih. Kalau ada feedback atau tambahan, ya nanti bisa gue update halaman ini. Mungkin kalian ada feedback?

Kalau alasan kenapa gue share ide ini ya simply karena gue ga mau cuma diem di otak gue. Kali aja bisa diimplementasi orang lain. Atau mungkin bisa dijadikan input oleh Google atau Gojek. Mungkin.


Ya ternyata GOJEK sudah implementasi fitur Go-Food Pickup. Pesen online kayak Go-Food biasa, cuman yang ambil ya kita sendiri, bukan dianterin driver. Mungkin bisa ditambahin fitur mencari merchant berdasarkan rute perjalanan pemesan ya.

Fun fact, ide ini udah muncul sejak 16 Oktober 2019 tapi ga jadi publish ya karena jumlah kata masih 400 saja. Sedang standar gue satu post kan 500 kata. Tapi karena GOJEK softlauch fiturnya hari ini ke publik, jadi keinget aja gitu. Trus gatel deh bikin kalimat pelengkap di post biar 500 kata.

Nah kalau udah diimplementasikan oleh GOJEK, apakah akan bisa diintegrasikan ke Google? Mirip dengan fitur Maps Direction yang terintegrasi dengan GOJEK dan GRAB. Kalau menurut gue sih, tinggal nunggu waktu aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.