Cara Mudah Tidur Nyenyak

Selamat tahun baru! Yuk tingkatkan kualitas hidupmu dengan tidur yang lebih berkualitas. Gue sering banget keluhan temen-temen yang susah tidur. Nah gue pernah cobain beberapa tips dan gue mau share apa aja yang waktu itu berhasil gue terapkan agar bisa tidur nyenyak.

Olahraga pagi

Tips pertama bukan dimulai sejak mau tidur tapi sejak pagi hari. Hubungannya apa? Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga memberikan sinyal kepada tubuh untuk memulai aktivitas. Olahraga tidak perlu berat, cukup bergerak lebih ekstra daripada sekadar jalan santai dan yang penting di bawah sinar matahari.

Atur kegelapan kamar

Matikan gadget, baik ponsel atau televisi. Sinar biru dari ponsel dan televisi itu buruk bagi tubuh karena ia memberikan sinyal bagi tubuh untuk tetap aktif. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhi gadget ya sebelum tidur. Masukin sebagai daftar ritual aja sebelum tidur.

Ketika kamar sudah gelap, mata bisa rileks dan beristirahat. Kita sedang berbicara tentang aktivitas mata selama beberapa jam, bukan hanya 1 atau 2 jam. Jika kamar sudah gelap tapi ada cahaya dari sela-sela ventilasi, bisa dibantu dengan eye cover. Buat gue, ini ngebantu banget, terbukti gue bisa pake ini pas tidur siang hari (napping).

Sebenarnya bukan hanya kegelapan kamar tapi kesunyian dan kehangatan kamar. Sebenarnya bisa dibantu dengan earplug jika kondisi kamar agak berisik, cuman gue ga pake karena untungnya kamar gue udah lumayan sunyi. Cuman ya ada juga kan yang nyetel lagu gitu sebagai pengantar tidur, menurut gue sih, bagusnya telinga juga perlu istirahat ya. Begitu juga dengan kehangatan, diatur senyamannya aja, mau hangat, mau dingin, atau mau dingin tapi hangat (?) juga boleh.

Intinya sih istirahatkan panca indramu. Kalau indra perasa (lidah) dan penciuman (hidung) sih harusnya ga ada masalah ya. Masa’ tidur sambil ngunyah makan? Atau misal mau tidur trus ada bau indomie, ya bener sih gagal tidur, cuman masa’ mau disumpel juga? Hahaha.

Photo by Edward Eyer on Pexels.com

Mandi air hangat dan minum cokelat hangat

Nah ini cara gue untuk mengatur kehangatan badan, berhubung di kamar ga ada heater atau AC. Dengan air hangat, badan jadi lebih rileks dan lebih siap untuk beristirahat. Selain mandi, gue kadang minum cokelat hangat. Secara sains, cokelat itu memproduksi hormon serotonin dan dopamin. Selain itu juga menurunkan hormon kortisol.

Bangun tanpa alarm

Ngomongin kortisol, olahraga dan sinar matahari itu melakukan hal sebaliknya, meningkatkan hormon kortisol. Kalau tubuh sudah terbiasa dengan jadwal yang rutin, hormon kortisol akan diproduksi secara otomatis pada jam yang sama. Oleh karena itu, bukan hal yang tidak mungkin, nanti kamu bisa tidur tanpa usaha alias pelor (nempel langsung molor) di jam tertentu dan bangun tanpa alarm di jam kebiasaan kamu.


Circadian rhythm

Sebenarnya cara di atas itu maksudnya memodifikasi circadian rhythm tubuh manusia. Kalau circardian rhythm kacau maka tubuh akan bingung, mau tidur ga bisa, kalau bangun sering kesiangan. Hal ini tidak berfungsi bagi orang yang sering begadang (night owl) atau orang yang suka bangun pagi hari (morning person). Mereka memiliki circadian rythm sendiri yang sudah diatur oleh mereka sendiri dengan kebiasaan.

Nah sekarang terserah kamu, mau pakai circadian rhythm yang mana? Kalau berdasarkan penelitian sih, tidur yang berkualitas itu minimal 7 jam sehari untuk orang dewasa dan dimulai kurang dari tengah malam. Sudah siap?

Share ya di kolom komentar kalau kamu berhasil menerapkan cara ini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.