Alasan Ngeblog

Demen banget sih ngeblog? Pake hosting dan domain berbayar pula, kan ada yang gratis kayak wordpress.com atau blogspot.com.

Setelah sempat membuat diskusi tentang weblog, kali ini saya mau membagi sedikit suka duka selama ngeblog. Pengalaman pertama ngeblog itu sejak saya resmi menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Saat itu UI memberikan akun gratis blog kepada setiap mahasiswanya. Sejak itulah saya mengenal dunia blog. Kebetulan saat itu UI menggunakan WordPress Multi User sebagai engine. Di kala iseng, saya menulis beberapa puisi dalam blog tersebut. Ya, lebih banyak puisi ketimbang tulisan berbentuk narasi.

Motivasi awal ngeblog » Dikenalkan oleh UI, kemudian penasaran, akhirnya utak-atik

Writing by m0thyyku.deviantart.com
Writing

Pengalaman ngeblog tidak terhenti hingga di situ. Saya mencoba memiliki blog dengan domain sesuka hati. Kemudian saya menggunakan fasilitas hosting gratis di 000webhost dan domain gratis di .co.cc. Karena keterbatasan fitur yang ditawarkan oleh kedua makhluk tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk ngeblog dengan hosting dan domain berbayar.

Motivasi menggunakan fasilitas berbayar » berbayar memberikan fitur dan kinerja yang lebih baik daripada makhluk gratis. Apalagi jika dibandingkan level pelayanan yang diberikan.

Setelah saya memiliki beberapa akun blog, baik yang gratis maupun berbayar, saya menyadari bahwa blog yang saya kelola ini harus memiliki fokus bahasan. Setiap orang yang berkunjung ke sebuah blog pasti memiliki alasan, entah ada niatan silaturrahmi, menemukan tautan dari teman atau forum, atau bahkan nyasar karena diantarkan oleh Om Google. Dan dari semua alasan tersebut, orang yang sudah berkunjung akan berkunjung balik karena sesuatu hal, yakni topik yang dibahas dalam blog itu menarik untuk diikuti. Dari situlah nantinya sang penulis blog akan dikenal bersama topik yang menjadi fokus bahasan dalam blog.

Motivasi selanjutnya » Membangun personal branding di dunia maya

Selain itu saya juga sering sekali menulis informasi tentang beasiswa, tips-trik, dan review. Saya sangat berharap sekali informasi tersebut dapat diaplikasikan oleh pengunjung blog. Terutama informasi beasiswa, saya akan mencoba menjawab pertanyaan sejauh yang saya bisa jawab, sekaligus memberikan motivasi semangat mengejar beasiswa. Saya ingin sekali nantinya ada orang yang mendapatkan beasiswa karena dia memperoleh informasi dari blog.

Berawal dari seringnya membaca blog orang lain, entah karena membaca sebuah forum atau ditelantarkan Om Google, saya memiliki wawasan baru. Baik berupa pengetahuan politik, budaya, maupun bahasa. Banyak juga manfaat yang saya dapatkan ketika saya mencari review sebuah tempat wisata. Saya bisa mendapatkan informasi yang lebih detail daripada situs resminya. Mulai dari informasi harga tiket masuk, `harga tersembunyi`, angkutan umum, penjelasan lengkap tentang fasilitas, bahkan tips trik ketika mengunjungi tempat wisata tersebut.

Motivasi lainnya » Memberikan informasi berdasarkan pengalaman atau dari sumber yang lain sehingga bermanfaat bagi pengunjung blog

Dari blog-blog tersebut, saya sering kagum dengan gaya penulisan postingan tersebut. Seringkali saya terbawa hanyut dalam sebuah cerita atau sering tergelitik untuk memberikan komentar pada postingan tersebut. Gaya penulisan itu enak dibaca dan berbobot. Nah, saya seringkali melatih tata bahasa saya di blog ini, sebelum menulis di kolom opini surat kabar nasional. Amin.

Motivasi kesekian » Melatih gaya penulisan

Oia setiap blog yang masih aktif saya kelola hingga saat ini memiliki fungsi masing-masing. Karena sempat suatu saat saya bingung mau menulis sebuah postingan di blog yang mana. Bagusnya kan ditulis hanya di satu blog, agar tidak dianggap oleh Google sebagai duplikasi gitu ceritanya. Akhirnya saya putuskan untuk menulis postingan yang sesuai dengan visi misi blog tersebut masih dikelola *halah*. Ada yang berfungsi sebagai jurnal kegiatan pribadi, ada yang berisi khusus hanya curahan hati saja, ada juga yang berguna sebagai penanda saja, dan lain sebagainya. Blog ini sendiri memiliki tujuan memberikan informasi dan insights saya, yang layak dikonsumsi oleh orang banyak.

Dulu sempat loh ada opini bahwa ngeblog itu ga ngetren lagi. Ya memang saya juga mengakui bahwa para blogger sudah berpindah media. Tapi blogging tetap tidak bisa dikatakan `meninggal`, karena ia hanya berpindah media saja. Hoho.

Kalo kamu, apa tujuan kamu ngeblog? 😀 Yuk sharing di sini

[box style=”light-blue info rounded shadow”]

Update 11 November 2011

Saya baru teringat satu alasan saya membuat blog. Saya ingin membuat sebuah tulisan yang banyak ditanyakan oleh seseorang. Jadi dengan adanya artikel itu, orang bisa menemukan jawabannya tanpa saya harus menjelaskannya berkali-kali kepada orang yang berbeda-beda. Istilahnya seperti Frequently Ask Questions gitu. Hehe. :mrgreen:

[/box]

6 Replies to “Alasan Ngeblog”

  1. Salam kenal Yunus 🙂
    Saya udah lama ngeblog tp yang saya tulis cm cerita sehari-hari aja.. itu memberikan manfaat ga ya buat orang? haha..
    habisnya saya bingung mau nulis tentang apa.
    oia kalau ada waktu visit back ya ke blog sy.
    mksih

    Suka

    1. Ada manfaatnya atau tidak, kamu tidak akan tahu sebelum ada orang lain yang memberitahu dirimu. Intinya tetaplah menulis suatu hal yang positif. Seperti apa yang saya lakukan di blog ini. Hehe.

      Mengenai fokus tulisan, jika blog pribadi, tak apalah tulis apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Tapi ya ada baiknya jika ada fokus tertentu agar nanti Novi dikenal sebagai orang yang suka berdiskusi tentang apa yang fokus tulisan Novi.

      Keep blogging! 🙂

      Suka

  2. saya sebenernya bukan blogger, tapi hanya orang awam yang suka blogwalking dan pada akhirnya memutuskan membuat sebuah blog 😉

    alasan saya ngeblog.. saya ingin melatih kemampuan menulis saya. I’m quite bad at writing, tapi kalo ga dilatih kan jadi ga berubah-berubah dan tetep gitu sampai kapanpun. makanya saya coba bikin blog walaupun ga secara rutin diupdate. diupdate ketika moodnya lagi bagus dan ada topik yang mau dibicarakan. hehe 🙂

    Suka

    1. You are a blogger indeed. You have a blog and write something there. Ya, jarang diupdate memang jadi isu utama temen-temen yang udah bikin blog. Ayo ayo diupdate lagi blognya 😀
      Kan barusan ada yang abis ultah tuh. Diceritain dong harapan pada umur yang baru itu. Hehehe 😀 Btw saya belum ngucapin ya dek kayaknya. Selamat ulang tahun ya dek. Wish you all the best.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s