Kategori
Miscellaneous

Hospital Bag

Gue cuma bagian share aja berdasarkan pengalaman kira kira apa aja sih peralatan yang dibutuhkan selama proses melahirkan, istilah kerennya hospital bag. Tentu saja hal ini relatif karena bisa jadi kebutuhan orang berbeda beda. Tapi ya semoga saja sharing ini bisa membantu beberapa orang mempersiapan peralatan melahirkan.

Peralatan selama melahirkan ini dikenal sebagai hospital bag. Menurut gue barang barang ini sebaiknya sudah dipersiapkan menjelang kelahiran. Maksimal kurang dari 36 minggu atau bahkan seawal usia kehamilan 30 minggu. Kenapa? Karena melahirkan normal itu tidak pernah tahu kapan si bayi sudah berusaha untuk lahir.

Kalau rencana operasi sesar pun perlu persiapan juga ya. Karena mungkin saja ada suatu hal yang membuat bayi harus segera dilahirkan. Ya intinya kalau udah usia 30 minggu, mending udah siap siap deh.

Walaupun judulnya hospital bag, ga mesti pake tas kok. Gue kemarin pake koper, karena sekalian bawa baju dan peralatan mandi gue juga. Ga cuma perlengkapan ibu dan bayi, gitu maksudnya.

Kain penutup

Saat masa masa kontraksi, kami mempersiapkan kain untuk menutup bagian bawah ibu. Karena saat kontraksi berjalan, sang ibu tidak lagi memakai bawahan, baik rok atau celana. Ya kali masih pake celana, ribet amat setiap kali kontraksi, lepas celana dulu. Napas aja ga sempet apalagi lepasin celana.

Baju pasca melahirkan

Rumah sakit ada yang menyediakan baju pasien yang bisa dipakai sang ibu pasca melahirkan. Tapi ya jaga-jaga saja kalau ternyata dari rumah sakit tidak menyediankan. Kalau bawa baju sendiri sih ya rekomen bawa yang longgar jadi sang ibu lebih leluasa dalam melakukan aktivitasnya.

Pembalut nifas

Rumah sakit ada yang menyediakan pembalut nifas. Tapi ya jaga-jaga aja kalau ternyata rumah sakit tidak menyediakan atau sang ibu cocoknya dengan tipe tipe tertentu.

Popok disposal untuk newborn tipe rekat

Mungkin ada rumah sakit yang menyediakan popok tapi kemarin gue beli sendiri di farmasi rumah sakit. Tips beli popok disposal ya pastikan untuk newborn. Selanjutnya pilih tipe rekat (bukan tipe celana) jadi mudah untuk dipasang dan dilepas.

Atau mungkin ada yang prefer tipe celana?

Yang jelas beli yang banyak. Keperluan 1 hari bisa membutuhkan 6 popok. Jadi sedia 2 lusin lebih saja. Kalau lebih ya sisanya bisa dipakai di rumah.

Pakaian bayi

Termasuk baju (pendek/panjang), celana (pendek/panjang), topi/bando, terutama sarung tangan dan sarung kaki. Sarung kaki sih penting biar bayi tidak kedinginan. Sarung tangan juga untuk menghindari bayi kedinginan tapi fungsinya juga agar mencegah cakaran bayi ke mukanya sendiri. Oh iya, topi juga kalau ada, fungsinya agar menghindari bayi kedinginan.

Nah bedong sih saat itu disediakan rumah sakit ya, kalau gak salah. Tapi tidak bisa dibawa pulang.

Botol bayi

Adanya botol tidak selalu berarti bayi konsumsi sufor. Tapi bisa saja ASI sudah ditampung dan diberikan kepada bayi melalui botol. Kemarin sih cukup sedia 1 botol saat di rumah sakit. Tapi pas di rumah sedia cukup lumayan banyak.

Awalnya sih heran, ngapain sih punya botol banyak. Eh ternyata gak serajin itu juga ya cuci botol setiap kali pakai. Jadinya botol baru dicuci setelah (hampir) semua botol habis dipakai.

Printilan bayi

Barang-barang ini baru dipakai pas keluar dari rumah sakit. Misalnya bedong, selimut bayi, dan alat gendong, yang baru dipakai saat perjalanan ke rumah. Mungkin kalau bukan gendong, bisa juga bawa stroller yang bisa dibuat pasang-lepas di kursi mobil.

Kendi

Gue baru inget kalau butuh kendi untuk mengubur ari-ari.

Ada lagi?

Peralatan berikut ini tergantung preferensi saja. Sifatnya opsional dan bisa digantikan dengan barang lain. Misalnya bantal menyusui. Kalau baca-baca, ada yang menyarankan bawa peralatan mandi bayi juga. Misalnya washlap, handuk, kapas puppy, tisu basah, tisu kering, sabun mandi bayi, minyak telon, baby oil, lotion, dan perlak. Terakhir pompa ASI dan kawan-kawannya, 2-3 hari pertama sih biasanya ASI belum keluar, tapi ya mungkin sekalian dibawa, kali aja pulang dari rumah sakit, bukan ke rumah sendiri tapi rumah orang tua/mertua.


Item-item ini sih sepengetahuan gue aja dan seinget gue aja. Mungkin ada ang kelewat, coba dikoreksi aja. Semoga membantu ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.